Connect with us

Sumut

30 Rumah di Medan Amplas Tergenang Akibat Sungai Batuan Meluap

Published

on

Banjir di Medan (Ilustrasi)

Medan-Geosiar.com, Tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir mengakibatkan Sungai Batuan meluap. Akibatnya, daerah pinggiran sungai terutama di Jalan Sumber Amal Harjosari 2, Medan Amplas, Senin (4/12/2017) malam terendam banjir.

Naiknya permukaa air Sungai batuan berdampak pada tergenangnya areal pemukiman penduduk. Berdasarkan data BPBD Kota Medan, tinggi permukaan air di daerah aliran sungai naik antara 100 hingga 150 centimeter.

Menurut BPBD Kota Medan, Luapan air Sungai Batuan mengakibatkan Kelurahan Harjosari Kecamatan Medan Amplas Lingkungan X terendam banjir. Tak pelak, Jalan Sumber Amal mengalami banjir. Tercatat 30 rumah tergenang banjir dengan perkiraan 300 jiwa harus diungsikan.

Warga yang terkena dampak banjir kini diungsikan BPBD Kota Medan ke areal yang lebih aman, yakni di Masjid Baiturahman, Jalan Sumber Amal. BPBD Medan juga telah menempatkan sejumlah personel Tim Reaksi Cepat Penanganan Bencana di lokasi untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak banjir di dalam rumah.

Personel TRC-PB dengan menggunakan perahu karet, berkeliling untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak di dalam rumah.
Dilokasi selain BNPB, personel polisi dan TNI membantu proses evakuasi warga.

“Kami masih terus memantau dan mendata warga. Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan dan kepala lingkungan,” kata Al-Ghafani dari Tim Reaksi Cepat Penanganan Bencana BPBD Kota Medan via seluler. (Trb/R2)