Connect with us

Sumut

Kemendag Beri Penghargaan Daerah Tertib Ukur Kepada Kabupaten Deliserdang

Published

on

Kemendag beri penghargaan Daerah tertib ukur

Lubuk Pakam-Geosiar.com, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara berhasil raih penghargaan Daerah Tertib Ukur (DTU) dari Kementerian Perdagangan, Senin (4/12/2017). Penilaian itu dilakukan oleh Kementerian Perdagangan bagi kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Penghargaan diraih Deliserdang karena dinilai mampu mewujudkan tertib ukur melalui pembinaan, pengawasan serta pelayanan tera dan tera ulang alat-alat ukur. Penghargaan diberi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada Bupati H Ashari Tambunan, Senin (04/12/2017) di Aula Hotel El Royale Kota Bandung, Jawa Barat.

“Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan Engrtiasto Lukita Kepada Bupati Ashari Tambunan di Kota Bandung, Jawa Barat,” kata Kabid Informasi Publik Diskominfo Deliserdang Ari Mulyawan.

“Apa yang dilakukan selama ini dalam hal tertib ukur tersebut guna memberikan jaminan kebenaran pengukuran untuk melindungi kepentingan konsumen sesuai UU No2 Tahun 1981 tentang metrology legal,” katanya.

Sedangkan menurut Kadis Perindustrian dan Perdagangan Deliserdang M. Tahir Siagian, dengan adanya penghargaan tersebut akan memacu para pedagang untuk terus memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Momentum ini harus bisa dijadikan dasar bagi para pedagang untuk tetap memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pembeli, dengan memberikan ukuran timbangan yang benar dan berkeadilan,” ujar Tahir.

“Upaya itu tujuannya untuk membangun citra daerah melalui jaminan kebenaran hasil pengukuran dalam transaksi perdagangan, meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, serta mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan pelayanan kemetrologian dalam rangka perlindungan konsumen,” tambahnya.

Selain Delisredang, Kabupaten di Indonesia yang meraih penghargaan yang sama yakni Kota Pare-Pare, Kota Tanggerang, Kota Padang Panjang, Kota Denpasar dan Kabupaten Kolaka. (Ant/R2)