Connect with us

Kesehatan

5 Manfaat Mujarab Konsumsi Susu Kambing

Published

on

Manfaat susu kambing bagi kesehatan anda jika dikonsumsi secara rutin

Medan-GeoSiar.com, Mengonsumsi susu kambing tentu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Berdasarkan penelitian, susu kambing memiliki kandungan nutrisi serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain kandungan fosfor, kalsium, sodium serta flourin.

Struktur susu kambing hampir sama dengan ASI sehingga susu kambing dapat disejajarkan diurutan nomor dua setelah Air Susu Ibu. Akan tetapi walaupun demikian ASI lah yang paling utama dan nomor satu.

Tahukah anda apa saja manfaat susu kambing? Berikut beberapa manfaat susu kambing yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber:

1. Memiliki Kandungan gizi yang lengkap

Menurut penelitian para ahli di Journal of American Medicine, susu kambing adalah asupan susu yang paling lengkap kandungannya sebab di dalamnya terdapat vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan unsur yang sangat bersabat dengan lambung menjadikan susu kambing dapat dengan mudah dan cepat dicerna oleh tubuh sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dapat mencerna susu kambing. Sementara untuk mencerna susu sapi dibutuhkan waktu 2-3 jam.

2. Alternatif Penyembuhan Penyakit Gangguan Pernapasan

Manfaat utama susu kambing yang perlu anda ketahui adalah, dapat sebagai alternatif dalam penyembuhan penyakit ASMA, TBC, dan Flek Paru Paru. Hal tersebut disebabkan kandungan Flourin dan Betakasein yang terkandung dalam susu kambing sangat baik untuk mengobati penyakit gangguan pernafasan.

Hanya dengan rutin mengkonsumsi susu kambing sebanyak 3x sehari maka susu kambing dapat memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan pernapasan sehingga anda dapat bernapas lebih lega.

3. Sebagai Pelengkap Asupan Nutrisi & Gizi

Untuk dapat memperoleh kesehatan yang baik maka masyarakat Indonesia sangat familiar dengan semboyan yang terkenal yakni empat sehat lima sempurna. Unsur makanan sehat tersebut tentu mencakup makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan disempurnakan dengan susu.

Dalam semboyan ini memang susu hanya dianggap sebagai pelengkap dan kita sebagai masyarakat Indonesia lebih familiar dengan susu sapi. Akan tetapi tidak sedikit orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi, maka untuk melengkapi nutrisi susu anda dapat memilih susu kambing sebagai bahan alternatifnya.

4. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi Serta Mencegah Osteoporosis

Kandungan kalsium alami pada susu kambing sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi (bagi balita), serta dapat mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan pengapuran tulang yang umumnya diderita oleh orang tua dan lansia. Bagi anda yang sering merasa tulangnya terasa linu, terutama dibagian persendian seperti lutut perlu diwaspadai bahwa itu pertanda pengapuran tulang.

5. Menghindari Keluhan Sakit Kepala / Migrain

Susu kambing memiliki kandungan riboflavin (Vit B2) dan B3 selain bermanfaat untuk kecerdasan juga bermanfaat untuk menghindari keluhan sakit kepala seperti migrain.

Untuk mendapatkan khasiatnya anda bisa mulai mengonsumsinya dari sekarang dan mengonsumsinya 3 kali sehari. (sskmbg/r1)