Connect with us

Nasional

Jokowi : Saya Titipkan Masa Depan Bangsa Ini Kepada Guru

Published

on

Presiden Jokowi

Bekasi-Geosiar.com, Presiden Joko Widodo menghadiri acara puncak peringatan Hari Guru Nasional yang digelar di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (2/12/2017). Jokowi hadir sekira 08.45 WIB, didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Ketua Umum PGRI Unifah Rasyidi.

Dalam acara peringatan Hari Guru Nasional tersebut juga digelar perayaan HUT Ke-72 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Presiden Jokowi hadir mengenakan pakaian batik seragam PGRI berwarna dasar putih bercorak hitam. Jokowi juga menyampaikan pidato dalam acara tersebut.

“Kepada guru saya titip untuk terus mendedikasikan diri bukan sekadar mengajar, menjalankan profesi. Saya titipkan masa depan bangsa ini kepada guru,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Menurut Jokowi, tugas guru adalah memupuk dan menerangi siswa-siswi untuk membangun jiwa yang sehat, matang, dan memahami Bhinneka Tunggal Ika. Jokowi menjelaskan tugas guru tidak dapat tergantikan oleh kecanggihan teknologi karena selain mengajarkan akademik, guru juga mengajarkan kebaikan kepada generasi muda.

“Peringatan Hari Guru Nasional ini harus kita jadikan momentum untuk berbenah menyiapkan generasi muda yang tanggap dan tangguh,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi mengapresiasi bakti guru dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Tampak Jokowi memberi penghormatan kepada seluruh guru di Indonesia dengan membungkukkan dirinya di depan puluhan ribu guru yang hadir di stadion. Ia menegaskan tidak bisa menjadi Presiden tanpa pendidikan dari guru.

“Untuk itu saya sampaikan penghargaan, apresiasi yang tinggi kepada seluruh guru di Tanah Air, guru-guru yang berada di desa-desa, guru-guru yang berada di pulau-pulau terpencil, pulau terluar dan di daerah perbatasan,” katanya.

Puncak Hari Guru Nasional dan HUT Ke-72 PGRI di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, dihadiri kurang lebih 38 ribu orang. Dalam acara itu, Jokowi akan meresmikan renovasi lapangan Hoki, lapangan sepakbola ABC, lapangan panahan dan stadion renang (Aquatic) yang akan digunakan untuk perhelatan Asian games 2018. (Ant/R2)