Connect with us

Nasional

Menteri Keuangan Sri Mulyani Lantik Robert Pakpahan Sebagai Dirjen Pajak

Published

on

Menteri Keuangan Sri Mulyani Lantik Robert Pakpahan Sebagai Dirjen Pajak pada Kamis (30/11/2017) pukul 19.00 WIB

Jakarta-GeoSiar.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak), pengganti Ken Dwijugiasteadi yang sudah memasuki masa pensiun.

Sosok yang ditunjuk langsung oleh Jokowi adalah Robert Pakpahan.

“Robert Pakpahan ditunjuk sebagai Dirjen Pajak,” kata sumber detikFinance, Kamis (30/11/2017).

Diangkat menjadi Dirjen Pajak, pria kelahiran Tanjung Balai pada tanggal 20 Oktober 1959 ini menjadi sorotan.

Robert diketahui merupakan lulusan Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun 1981. Kemudian pada tahun 1985 hingga 1987 Robert melanjutkan pendidikan Diploma IV di kampus yang sama.

Dalam menempuh pendidikannya, Robert berhasil meraih Gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina at Chapel Hill, Amerika Serikat (AS) pada tahun 1998.

Setelah berhasil menjadi Tenaga Pengkaji Bidang Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak pada tahun 2003 hingga tahun 2005, Robert kemudian menjabat sebagai Direktur Potensi dan Sistem Perpajakan hingga tahun 2006 dan Direktur Transformasi Proses Bisnis.

Selanjutnya Robert dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara pada tahun 2011 dan pada tanggal 27 November 2013 dilantik menjadi Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan.

Seiring dengan penyempurnaan organisasi di Kementerian Keuangan pada 19 Maret 2015 dilantik sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan

Robert sebelumnya menjabat sebagai Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko. Dalam jabatan lamanya tersebut, Robert bergelut dalam mengurus tentang pembiayaan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sementara itu pengganti Robert adalah Scenaider Clasein Hasudungan Siahaan yang sekarang menjabat Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan. Namun status Scenaider adalah pelaksana tugas (Plt).

Pelantikan kedua pejabat eselon I ini akan dilaksanakan pada Kamis (30/11/2017) pukul 19.00 WIB malam. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati turun langsung untuk melantik keduanya dengan jabatan baru tersebut. (dtk/r1)