Connect with us

Olahraga

Ini Daftar Unggulan Undian Piala Dunia 2018

Published

on

Maskot Piala Dunia Rusia 2018

Jakarta-Geosiar.com, 32 negara telah lolos sebagai peserta Piala Dunia 2018 yang akan di gelar di Rusia mendatang. Negara-negara tersebut akan diundi untuk ditempatkan di Grup A sampai H. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah membagi jumlah negara peserta dalam empat pot menurut urutan rangking FIFA per Oktober 2017.

FIFA menjadwalkan pengundian pembagian fase grup Piala Dunia 2018, di Istana Kemrin, Negara Bagian Moskow pada Jumat, 1 Desember 2017 pukul 18:00 waktu setempat atau 22:00 WIB.

Berbeda dengan pengundian pada Piala Dunia sebelumnya yakni pembagian pot didasarkan pada benua asal tim peserta, pada Piala Dunia 2018 pengundian dibagi ke dalam empat pot berdasarkan rangking negara peserta.

Tuan rumah Rusia bersama 7 negara dengan rangking FIFA terbaik akan berada di Pot 1. Sedangkan 24 negara peserta lain berada di pot 2 sampai 4 sesuai dengan urutan rangking FIFA. Sementara 24 negara peserta di Pot 2, 3 dan 4 akan ditempatkan secara acak sesuai hasil undian.

Rusia sebagai tuan rumah akan otomatis berada di grup A. Sedangkan Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, dan Prancis akan diundi dan nantinya disebar di masing-masing grup dari B ke H.

Pot 1:
Rusia, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, Prancis

Pot 2:
Spanyol, Peru, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia

Pot 3:
Denmark, Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, Iran

Pot 4:
Serbia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan, Arab Saudi

Satu tim dari masing-masing pot akan bertemu dalam satu grup. Seperti biasa, hanya tim dari negara UEFA yang bisa bertemu dalam satu grup, dengan maksimal dua negara Eropa dalam grup yang sama.

Distribusi tim ke dalam grup sesuai dengan prinsip pemisahan geografis akan dipantau oleh sistem yang dirancang untuk mempertimbangkan semua parameter. Misalnya, Peru, Kolombia dan Uruguay, di Pot 2, tidak akan masuk ke grup yang sama dengan Brazil atau Argentina. Prinsip serupa berlaku untuk tim dari konfederasi lainnya kecuali UEFA. (Tpo/R2)