Connect with us

Sumut

Di Tengah Pembahasan RAPBD 2018, Anggota DPRD Sumut Ini Ke Luar Negeri

Published

on

DPRD Sumatera utara (Ilustrasi)

Medan-Geosiar.com, Di tengah pembahasan pembahasan RAPBD Sumut 2018, Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman dan beberapa anggota DPRD Sumut ke luar negeri (LN) dengan alasan Kunjungan Kerja (Kunker). Akibatnya, rapat paripurna DPRD Sumut tersebut hanya dihadiri 20 dari total 100 anggota DPRD Sumut, Kamis (30/11/2017).

Rapat paripurna yang seharusnya penuh dihadiri anggota dewan kini tampak sepi minim kehadiran anggota. paripurna sepi dikarenakan beberapa anggota DPRD Sumut yang melakukan kunker ke luar negeri, yakni ke Helsinki, Finlandia dan Jepang.

Anggota DPR yang melakukan kunjungan kerja ke Helsinki, Finlandia yakni, Ari Wibowo dari Fraksi Gerindra, Faisal (F Golkar), Richard Sidabutar (F Gerindra) Jenni Berutu (F Demokrat), Yantogi Damanik (F PDIP) dan Novita Sari (F Golkar).

Sementara anggota dewan yang kunker ke Jepang yaitu, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Khairul Anwar (F PKS), Zulfikar (F PKS), Satrya Yudha Wibowo (F PKS) dan Hidayati (F PKS).

Adapun biaya kunker tersebut, menurut Sekretaris DPRD Sumut, Erwin Lubis mengatakan biaya kunker ada ditampung pada APBD sebesar Rp 35 juta per orang.

Sementara itu, anggota DPRD Sumut Fraksi PKS, Ikrimah Hamidi menjelaskan, beberapa anggota Fraksi PKS kunker ke Jepang karena sebelumnya telah ada komunikasi dengan pemerintah Jepang membahas pengembangan Danau Toba.

“Pemerintah Jepang mengundang untuk melanjutkan pembahasan pengembangan Danau Toba, maka beberapa anggota Fraksi PKS pergi dan karena ini resmi undangan ke lembaga, maka diajak lah Ketua DPRD Sumut,” ucapnya.

Sedangkan alasan anggota DPR berkunjung ke Helsinki, Finlandia masih belum diketahui tujuannya. “Mereka diundang dari pemerintah sana, kita belum tahu apa pembicaraan mereka itu,” ujar Ikrimah.

Rapat paripurna yang digelar hari ini, Kamis (30/11/2017) dalam keadaan sepi. Adapun paripurna tersebut agenda nota jawaban atas Pemandangan Umum anggota Dewan atas nama fraksi terhadap Ranperda APBD 2018 dihadiri 20 orang dengan pimpinan rapat Ruben Tarigan dan dihadiri Plt Sekda Provsu Ibnu Hutomo. Rapat selesai ditutup secara resmi pukul 12.35 WIB siang tadi. (Mbd/R2)