Connect with us

Nasional

Presiden RI Sambut Hangat Kunjungan Wakil Perdana Menteri RRC

Published

on

Presiden Joko Widodo menerima Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat China (RRC) Liu Yandong, di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (29/11/2017) siang

Jakarta-GeoSiar.com, Presiden Joko Widodo menerima Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat China (RRC) Liu Yandong, di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (29/11/2017) siang.

Pertemuan yang berlangsung secara tertutup ini dilaksanakan di meja oval.

Presiden didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut hangat Yandong beserta delegasi di ruang utama Istana Merdeka pukul 10.40 WIB.

Sementara itu, kehadiran Yandong didampingi sembilan orang pejabat serta staf yakni Menteri Pendidikan Chen Baosheng, Menteri Kesehatan dan Perencanaan Keluarga Li Bin dan Menteri Pengetahuan dan Teknologi Wang Zhigang.

Sehari sebelumnya kegiatan pertemuan ini, Yandong sempat bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Selasa (28/11/2017).

Dalam pertemuannya, Wapres Jusuf Kalla mengatakan hubungan antar kedua negara ini dapat berjalan secara seimbang sehingga dapat saling menyejahterakan masyarakat kedua negara.

Kunjungan Wakil perdana Menteri RRC ini merupakan kunjungan rutin guna memeprkuat mitra dagang terbesar RI sebagai investor asing terbesar ke-3 di Indonesia.

Berdasarkan data, skala perdagangan antara kedua negara, pada Januari-Agustus 2017, mencapai US$ 35,79 miliar. Meningkat 23,12 persen pada periode sama 2016.

Sementara itu, investasi China di Indonesia pada periode Januari-September 2017 mencapai US$ 2,73 miliar atau meningkat sekitar 80 persen.

Sementara di bidang pariwisata, China merupakan penyumbang wisman terbesar ke Indonesia yang mencapai 1,42 juta turis pada Januari-Agustus 2017.(kps/r1)