Connect with us

Nasional

Presiden Ajak Rakyat Pebaiki Kualitas Kelapa Sawit

Published

on

Industri sawit rakyat (ilustrasi)

Deli Serdang-Geosiar.com, Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan ke Sumatera Utara dengan menghadiri kegiatan peremajaan kelapa sawit rakyat di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin 27 November 2017. Presiden optimis kualitas kelapa sawit di Indonesia akan semakin baik.

Presiden mengingatkan rakyat agar memperhatikan kualitas kelapa sawit dengan bekerja keras mengelola produksi pertanian dan perkebunan. Hal ini agar kualitas produksi kelapa sawit Indonesia tidak disalip negara lain.

Presiden mengatakan tidak berlebihan jika kelapa sawit disebut ’emas hijau’ bagi Indonesia, sebab negeri ini menjadi produsen terbesar di dunia.

“Artinya Indonesia memproduksi bahan baku untuk sabun, kosmetik, minyak goreng, margarin, kue, farmasi yang semua itu berasal dari kelapa sawit. Sekarang kelapa sawit juga digunakan untuk memproduksi biodiesel,” papar Jokowi.

Jokowi ingatkan masyarakat bahwa dengan menjadi produsen sawit terbesar berarti Indonesia harus terdepan dalam pengelolaan yang merupakan salah satu kelemahan Indonesia selama ini. Jokowi ingatkan jika perbaikan tidak dilakukan, Indonesia sebagai produsen kelapa sawit bakal disalip oleh negara lain seperti di Malaysia dan beberapa negara di Afrika.

“Kita lemah di sini. Kita harus kerja keras memperbaiki bagaimana merawat, memelihara, meremajakan karena banyak kelapa sawit kita yang sudah tua renta,” lanjutnya.

“Saya sudah perintahkan Menko Perekonomian agar diremajakan semuanya khususnya milik rakyat. Saya akan cek di masa mendatang agar program ini benar-benar berjalan seperti yang telah direncanakan,” tutup Jokowi. (Bisnis/R2)