Connect with us

Sumut

Jalan Tigaras Longsor, Tranportasi Tiga Kecamatan Putus Total

Published

on

Ruas Jalan Tigaras yang longsor (foto:Tribun)

Tigaras-Geosiar.com, Ruas jalan kabupaten penghubung tiga kecamatan di Desa Tiga Ras, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, longsor. Jalur transportasi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Dolok Pardamean menuju Kecamatan Haranggaol dan Pematang Sidamanik putus total.

Longsor terjadi sekira pukul 22.00 WIB, Minggu (26/11/2017). Longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Selain aktivitas transportasi yang lumpuh, longsor juga mengakibatkan beberapa rumah tinggal milik warga rusak.

Masyarakat sekitar resah dan takut terjadinya bencana selanjutnya, apabila pihak terkait tidak segera mengambil langkah persuasif untuk melakukan penanganan terjadinya bencana susulan.

“Kami berharap Pemkab Simalungun segera memberikan bantuan kepada masyarakt dan memperbaiki akses jalan yang putus akibat diterjang longsor,” ujar John MT Saragih, selaku anggota DPRD Simalungun, Senin (27/11).

Kawasan Tigaras memang dikenal sebagai kawasan rawan longsor, apalagi maraknya penebangan pohon yang menyebabkan erosi. Bahkan hingga saat ini, longsor tersebut belum ditanggapi pemerintah terkait.

Sementara Kapolsek Dolok Pardamean AKP G Damanik mengaku pihaknya belum dapat mengalihkan arus lalulintas menuju pelabuhan atau kecamatan Haranggaol dan kecamatan Pamatang Sidamanik karena tidak ada jalan alternatif lain sebagai pengalihan.

“Tidak ada jalan alernatif sebagai pengalihan menuju pelabuhan Tiga Ras dan Kecamatan Haranggaol serta Pamatangsidamanik, saat ini Pemkab Simalungun sedang berupaya menanggulangi jalan yang ambles. Mudah-mudahan bisa cepat ditangani sehingga bisa dilintasi kembali,” sebut Damanik. (Wspd/R2)