Connect with us

Sumut

Dinas PU Ratakan Ruas Jalan Rusak Kawasan Medan

Published

on

Patching dilakukan mulai dari depan Perumahan Tomang Elok hingga keareal Keswan Medan pada Rabu (22/11) malam.

Medan-GeoSiar.com, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan Khairul Syahnan berupaya dalam merealisasikan perbaikan jalan rusak di Kota Medan pada Rabu (22/11) malam.

Kondisi jalan rusak di Kota Medan sempat menjadi sorotan Presiden Joko Widodo beberapa waktu belakangan dalam kunjunganya ke Kota Medan.

Selain melakukan pengaspalan dan pembetonan, perbaikan jalan juga dilakukan dengan patching (penambalan) bagi ruas-ruas jalan yang aspalnya terkelupas.

Patching Jalan Gatot Subroto dimulai dari bagian depan Perumahan Tomang Elok hingga persimpangan Jalan Asrama (Pondok Kelapa).

Penambalan itu dilakukan karena kerusakan jalan tidak terlalu parah sebab aspal mengelupas di sejumlah titik disepanjang jalan.

Walaupun hanya berupa pengelupasan aspal, para penguna jalan merasa tak nyamanan saaat berkendara melintasi jalan berlubang tersebut.

Untuk melakukan patching, Kadis PU Kota Medan menurunkan satu unit truk berisikan hotmix yang telah siap digunakan beserta beberapa orang pekerja. Patching dilakukan mulai dari depan Perumahan Tomang Elok.

Setiap menemukan aspal yang mengelupas, para pekerja langsung menutupnya dengan hotmix dan meratakannya.

Proses patching berjalan lancar, sebab pengerjaan dilakukan menjelang tengah malam saat volume kendaraan bermotor yang melintas jauh berkurang.

“Patching yang dilakukan juga dapat mencegah kerusakan jalan yang lebih parah,” ujar Khairul.

Dijelaskan, Kesawan merupakan kawasan padat lalu lintas. Keberadaan material yang berada di badan jalan tentunya dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas, terutama pada jam sibuk.

Pembersihan juga dilakukan di kawasan Jalan Sei Belutu dengan menurunkan satu unit beko mini dan sejumlah truk untuk mengangkat tanah bekas galian drainase yang telah rampung dikerjakan.

Proses pembersihan berjalan lancar, sebab pengerjaannya juga dilakukan menjelang tengah malam sehingga kehadiran alat berat maupun truk dapat leluasa bekerja lantaran jumlah kendaraan yang melintas jauh berkurang.

Pengerjaan ini merupakan bagian dari realisasi program yang telah dicanangkann oleh PU kota Medan.(hsb/r1)