Connect with us

Sumut

Kahiyang Ayu Resmi Bermarga Siregar

Published

on

Kahiyang Ayu diberikan marga Siregar dalam keanggunannya sebagai istri Bobby Nasution

Medan-GeoSiar.com, Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu yang bersuku Jawa, mengikuti prosesi upacara pemberian marga Batak di kediaman Bobby Nasution pada Selasa (21/11/2017).

Kahiyang akan diberikan marga Siregar setelah resmi menjadi istri Bobby Nasution pada 8 November 2017 yang lalu.

Paman dari Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar menjelaskan kepada kedua mempelai mengenai rentetan acara prosesi yang akan dilewati oleh Kahiyang Ayu dalam penabalan marga sebagai bagian dalam keluarga.

Dalam prosesi penabalan marga, pihak keluarga Bobby-Kahiyang akan mendatangi rumahnya, untuk meminta izin agar diberikan marga Siregar.

Sesuai kesepakatan, syarat yang harus dibawa perlengkapan seperti kain sarung, ingot-ingot atau cinderamata berupa uang logam agar tahan di simpan, tali kerbau beserta dengan makanan-makanan yang diperlukan dalam acara adat seperti wajik dan kue lainnya.

“Jadi nanti saat acara prosesi pernikahan pada 24-26 November 2017, tidak ada lagi ganjaran dalam melaksanakan penyelenggaraan pesta tersebut,” kata Doli di lokasi acara penabalan marga, Selasa (21/11/2017).

Doli menjelaskan dalam proses pemberian marga, biasanya pengantin lelaki dari Tapanuli Selatan (Tapsel) akan mengambil Boru Tulang. Ibu Bobby suku Mandailing bergabung dalam Tapsel maka kita akan berikan marga Siregar.

“Setelah penebalan marga, Kahiyang Ayu juga akan sekaligus kita angkat sebagai anak dirumah ini,” jelas Doli.

Dalam upacara penyematan marga ini, Kahiyang beserta tamu undangan yang hadir akan disuguhi makanan khas Tapanuli Selatan yakni itak gur-gur.

Seluruh sudut rumah Bobby di kompleks Tasbih didekorasi dengan warna merah yang menandakan ciri khas warna dari Tapanuli Selatan yang menandakan warna meriah dan sukacita.(trb/r1)