Connect with us

Daerah

Gempa 5,3 SR Guncang Nias Utara

Published

on

Gempa Bumi di Nias (ilustrasi)

Medan-Geosiar.com, Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, diguncang gempa berkekuatan 5,3 skala Richter pada Selasa (21/11) pagi tadi. Lokasi gempa berada di 1.27 LU – 96.93 BT.

Titik pusat gempa terletak di kedalaman 15 kilometer di 52 kilometer barat laut Provinsi Sumatera Utara terjadi sekitar pukul 06:41 WIB.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Posko BNPB Kabupaten Nias Utara, ujar Sutopo merasakan getaran lemah akibat gempa tersebut selama empat detik di Kabupaten Nias Utara. Gempa juga dirasakan lemah selama dua detik di Kabupaten Nias Barat.

“Gempa dirasakan lemah selama 3 sampai 4 detik di Kabupaten Nias Utara. Gempa dirasakan lemah selama 1 hingga 2 detik di Kabupaten Nias Barat dan gempa tidak dirasakan di Kota Gunung Sitoli,” kata Sutopo.

Tidak ada korban akibat gempa tersebut. Tampak aktifitas masyarakat masih normal. Menurut Nugroho, gempa juga tak menimbulkan kerusakan berarti.

Kawasan Nias memang diketahui rawan gempa bumi karena posisinya yang dekat jalur tabrakan dua lempeng bumi, Yaitu lempeng Samudera Hindia dan Lempeng Sumatera. (Rpb/R2)