Connect with us

Dunia

Erdogan Janjikan Dukungan Militer Untuk Qatar

Published

on

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bersama Emir Qatar

Doha-Geosiar.com, Di tengah krisis politik yang masih berlangsung di Teluk Arab, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjanjikan dukungan militer berlanjut bagi Qatar. Hal ini disampaikan saat kunjungan ke Doha pada Rabu, 15 November 2017.

Menurut Kantor Berita Qatar (QNA), Erdogan menyatakan kesiapan sektor swasta Turki dalam membantu Qatar dengan proyek multi-miliar untuk Piala Dunia 2022. Dalam pertemuan tersebut, Erdogan dikabarkan melakukan pembicaraan dengan Emir Sheikh Tamim bin Hamad al Thani.

QNA juga menyebut kedua negara telah menandatangani sejumlah kesepakatan keuangan, pariwisata dan penelitian.

“Erdogan menekankan dukungan berlanjut Turki ke Qatar di berbagai bidang, terutama di industri dan militer” menurut pernyataan QNA.

Turki sendiri diketahui memiliki pangkalan militer di Qatar yang dapat menampung sekitar 3.000 tentara. Erdogan sendiri menyempatkan untuk mengunjungi pangkalan militer tersebut didampingi pejabat senior Qatar, termasuk Menteri Pertahanan Khalid bin Mohamed al Attiyah.

Ini merupakan kali kedua Erdogan mengunjungi Qatar sejak krisis regional lima bulan lalu yang mengancam stabilitas antar negara-negara Teluk.

Sejak 5 Juni lalu, Qatar secara politik dan ekonomi diboikot oleh quartet negara tetangga yang mencakup Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir karena dituduh mendukung kelompok teroris dan dekat dengan Iran.

Namun Qatar membantah tuduhan-tuduhan itu dan menyebut sengketa itu sebagai serangan terhadap kedaulatannya, demikian menurut siaran kantor berita AFP. (Ant/R2)