Connect with us

Dunia

Trump-Putin Sepakat Lanjutkan Perang Melawan ISIS

Published

on

Vladimir Putin dan Donald Trump

Da Nang-Geosiar.com, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Presiden Rusia, Vladimir Putin bertemu dalam pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik atau KTT APEC di Danang, Vietnam.

Meski kedua negara tengah dalam bersitegang ditengah isu keterlibatan Rusia dalam pemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden Amerika Serikat, Trump dan Putin dikabarkan tengah menjalin komunikasi terkait permasalahan Suriah.

Rusia maupun AS dikabatkan sepakat untuk melanjutkan usaha bersama dalam memerangi Islamic State (IS) atau ISIS.Keduanya sepakat untuk berperang melawan ISIS sampai mereka dikalahkan dan tak muncul kembali, Sabtu, (11/11).

Kremlin mengatakan bahwa Putin maupun Trump ga mengkonfirmasi komitmen mereka terhadap kedaulatan, independensi, dan integritas teritorial Suriah. Mereka meminta semua pihak yang terlibat dalam konflik Suriah untuk berperan aktif dalam proses politik Suriah di Jenewa.

Kesepakatan itu diklaim sebagai jalan terbaik untuk membebaskan Suriah dari konflik berkepanjangan bertahun-tahun. Keadaan Suriah memang dalam kondisi mengkhawatirkan. Selain harus menghadapi ISIS, keadaan politik pemerintah Suriah juga dalam keadaan “perang Saudara.”

Menurut teks pernyataan bersama yang dipublikasikan di situs Kremlin, Rusia dan AS sepakat bahwa tidak perlu ada solusi militer untuk konflik tersebut. (Rpb/R2)