Connect with us

Nasional

KPK : Kepahlawanan Versi Zaman Now Adalah Antikorupsi

Published

on

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Gedung KPK

Jakarta-Geosiar.com, Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November di halaman kantor KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (10/11/2017). Tampak sejak pukul 07.20 WIB, para pegawai KPK berbaris depan halaman dengan pakaian batik.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan perjuangan antikorupsi merupakan bentuk kepahlawanan.

“Seperti yang kita sampaikan tadi, bahwa kepahlawanan versi generasi now adalah antikorupsi. Mereka harus jujur, peduli, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, sederhana, adil bahkan sabar,” kata Saut Situmorang.

Menurut Saut, KPK menghadapi ujian berat dalam menangani kasus seperti praperadilan atau dalam bentuk apa pun. Menurutnya hal itu merupakan salah satu jalan untuk memastikan KPK menjadi pahlawan antikorupsi.

Saut Situmorang mengingatkan seluruh pegawai KPK untuk tidak berhenti berjuang. Salah satunya dengan memaknai nilai patriotisme progresif.

“Apa yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan menunjukkan Bangsa Indonesia memiliki politik harapan, politik ketidaktakutan. Dimulai dari perjuangan di masa lalu sampai hari ini,” ujar Saut.

“Untuk mempertahankan patriotisme yang lebih progresif, dalam rangka membangun patriotisme progresif bisa membuat kita mampu menghadapi tantangan dunia di masa depan,” lanjut Saut.

Dalam kata sambutannya, Saut sempat menyinggung soal tantangan terberat KPK, namun Saut tidak menjelaskan apa yang dimaksud sebagai tantangan terberat KPK. Disinyalir, tantangan berat tersebut terkait dengan pelaporan dia dan Ketua KPK Agus Rahardjo ke polisi atas dugaan surat palsu pencegahan dan penyalahgunaan wewenang.

Saut menilai apa yang dialaminya saat ini belum sebanding dengan yang dialami penyididik senior KPK yang disiram air keras. Bahkan semua itu belum sebanding dengan perjuangan para pahlawan.

Dia juga mengingatkan agar nilai-nilai luhur antikorupsi terus diamalkan antara lain takwa kepada Tuhan, pantang menyerah, jujur, adil, dan bekerja keras. (Cnn/R2)