Connect with us

Nasional

Presiden Pimpin Penabalan Empat Tokoh Menjadi Pahlawan Nasional

Published

on

Logo Hari Pahlawan 2017

Jakarta-Geosiar.com, Setelah melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Jawa Tengah dan jawa Timur, Pagi ini Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo kembali Jakarta untuk memimpin upacara penabalan empat tokoh menjadi pahlawan nasional, Kamis (9/10/2017).

Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta sekira pukul 09.55 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, setelah menempuh perjalanan selama hampir satu jam dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

Setibanya di Jakarta, Presiden langsung memimpin upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2017 di Istana Negara Jakarta pada pukul 11.00 WIB.

Acara penganugerahan gelar pahlawan merupakan bagian rangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2017. Empat orang tokoh yang ditabalkan menjadi pahlawan nasiona yaitu TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid tokoh dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Laksamana Malahayati tokoh dari Provinsi Aceh, Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kepulauan Riau, dan Lafran Pane dari DI Yogyakarta.

Penganugerahan gelar pahlawan ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 115/TK/TAHUN 2017 tanggal 6 November 2017 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Penganugerahan tersebut memperhatikan Petunjuk Presiden RI kepada Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan berkenaan dengan Hasil Sidang III Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan pada 19 Oktober 2017 sesuai usulan dari Kementerian Sosial RI tentang Permohonan pemberian Gelar Pahlawan Nasional.

Keempat tokoh dianggap memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi hingga perjuangannya dinilai berdampak luas di kalangan masyarakat.

Acara penganugerahan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, para Menteri Kabinet Kerja, keluarga ahli waris keempat tokoh, dan sejumlah tamu lainnya. (Ant/R2)