Connect with us

Olahraga

Lagenda Sepakbola Italia Andrea Pirlo Putuskan Sudahi Karier Sepakbolanya

Published

on

Andrea Pirlo Saat membela New York City FC

New York-Geosiar, Setelah 27 tahun aktif bermain sepakbola, Andrea Pirlo memutuskan menyudahi karier sepakbolanya. Pirlo gantung sepatu setelah menjalani pertandingan pamungkasnya bersama New York City FC, klub terakhir selama karier profesionalnya.

Pirlo masuk sebagai pemain pengganti saat New York City FC mengalahkan Columbus Crew 2-0 pada Minggu (5/11/2017). Sayangnya, kemenangan tersebut tak cukup untuk meloloskan New York City FC ke final Wilayah Timur dalam babak play-off MLS karena mereka kalah agregat 3-4.

“Pertandingan terakhir di MLS. Karena waktu saya di NYFC sudah berakhir, saya ingin menyampaikan beberapa kata,” tulis Pirlo dalam pernyataannya di akun Twitter-nya.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas kebaikan dan dukungan yang mereka tunjukkan di kota yang luar biasa ini. Terima kasih kepada suporter yang luar biasa, terima kasih kepada para staf pelatih dan semua orang yang bekerja di balik layar, terima kasih kepada rekan-rekan setim saya.”

Pirlo memiliki karier yang cukup cemerlang, pemain Italia berjuluk Il Metronome mengawali kariernya di Brescia dan menjalani debut profesionalnya pada tahun 1995. Pirlo dikenal sebagai salah satu gelandang terhebat digenerasinya dengan sempat memperkuan Inter Milan, Regina, Ac Milan, Juventus, dan terakhir pindah ke New York City pada 2015.

Selama berkarier di klub tersebut, Pirlo memenangi enam scudetto dan dua titel Liga Champions. Selain itu, Pirlo juga menjadi andalan timnas Italia pada periode 2002 hingga 2015. Sang pemain memperkuat Gli Azzurri dalam 117 pertandingan dengan koleksi 13 gol dan 23 assist. Pirlo ikut berperan dalam keberhasilan tim nasional Italia menjuarai Piala Dunia 2006 di Jerman.

“Bukan cuma petualangan saya di New York yang berakhir, tapi juga petualangan saya sebagai pesepakbola. Itulah kenapa saya ingin memakai kesempatan ini untuk berterima kasih kepada keluarga saya dan anak-anak saya atas dukungan dan cinta yang selalu mereka berikan, kepada setiap tim yang pernah saya bela, semua rekan setim yang pernah main bersama saya, semua orang yang membuat karier saya jadi begitu luar biasa. Dan yang terakhir, semua fans di seluruh dunia yang selalu mendukung saya. Kalian akan selalu berada di sisi saya dan di hati saya,” kata Pirlo. (Dtk/R2)