Connect with us

Nasional

Hindari Mafia tanah, Lokasi Tanah Untuk Rumah DP RP0 Masih Dirahasiakan Pemprov DKI

Published

on

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno

Jakarta-Geosiar.com, Pemprov DKI Jakarta melalui Wakil Gubernur Sandiaga Uno masih merahasiakan lokasi tanah yang nantinya dibangun rumah dengan uang muka (DP) Rp0. Sandiaga akan merilis mengenai kebijakan DP rumah nol rupiah ini saat sudah siap sehingga tidak menimbulkan spekulasi oleh mafia tanah.

“Jangankan masalah tanah yang ada dimana, jadwal aja sudah dispekulasikan oleh oknum, jadi mohon sabar kita tidak bisa rilis masalah lokasi tanahnya,” kata Sandiaga di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (7/11/2017).

“Bisa bayangin gimana kalau saya rilis daerah yang akan dibangun DP Rp0, bagaimana spekulasinya coba. Karena kalau ditanya – tanya terus saya nggak akan bisa jawab karena walaupun ditanya 20 kali, saya akan jawab yang sama 20 kali juga gitu,” lanjut Sandiaga.

Menurut Sandi, konsep rumah DP RP0 bisa dilaksanakan. Oleh karenanya Sandi berharap agar semua pihak sabar nantinya pasti akan ada pengumuman, baik skemanya maupun lokasinya.

Program DP Rp0 adalah kredit murah berbasis tabungan bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Program ini mengganti prasyarat DP (uang muka) yang sangat mahal, dengan prasyarat lain untuk memastikan pembayaran kredit yang lebih dapat dipenuhi oleh warga.

Program ini adalah salah satu dari tema sentral yang paling disorot selama kampanye Pilkada DKI lalu, dan kini menjadi salah satu titik perhatian publik mengenai bagaimana gubernur dan wakil gubernur sekarang dapat mewujudkannya.

Namun Sandiaga mengaku optimis program ini dapat berjalan. Menurut Sandiaga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan berpartisipasi dengan fasilitas yang sudah disiapkan oleh pemerintah pusat dan juga Perumnas.

“Jadi kita sangat optimis ada perkembangan yang baik, tapi tentu saja mohon sabar, nanti pertengahan November Pak Kadis Perumahan akan sampaikan,” tutup Sandiaga. (Ant/R2)