Connect with us

Nasional

37 Uskup Hadiri Sidang Tahunan KWI 2017

Published

on

37 Keuskupan yang ada di Indonesia, Duta Vatikan dan perwakilan dari beberapa gereja di Indonesia KOPTARI dan UNIO berfoto bersama dalam acara pembukaan, Senin (6/11/2017)

Jakarta-GeoSiar.com, Mgr. Ignatius Suharyo, Ketua KWI, membuka sidang tahunan KWI 2017 dengan mengetuk 3 kali palu tanda sahnya acara sidang. Sidang tahun 2017 ini digelar mulai hari ini, Senin (6/11/2017) hingga 16 November 2017 di Aula KWI, Jakarta pusat.

Sidang kali ini dihadiri oleh beberapa wajah baru yang masuk dalam kolegialitas para uskup Indonesia. Mereka adalah Mgr. Samuel Oton Sidin OFMCap. (Uskup Keuskupan Sintang), Mgr. Robertus Rubiyatmoko (Uskup Keuskupan Agung Semarang), Mgr. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC (Uskup Keuskupan Manado), dan yang paling anyar ditahbiskan pada 23 September lalu adalah Mgr. Adrianus Sunarko OFM (Uskup Keuskupan Pangkalpinang).

Sidang ini dihadiri oleh 37 uskup dari seluruh Indonesia. Sidang kali ini merupakan forum kebersamaan dan kerja sama para waligereja yang ada di seluruh Indonesia. Selain menjadi forum dialog, sidang yang digelar setiap tahun ini juga merupakan ajang curhat di antara para uskup untuk membicarakan masalah khusus dan mendesak di keuskupan atau pribadi mereka masing-masing.

Selain para uskup dan para sekretaris Komisi, Lembaga, Sekretariat dan Departemen, pembukaan sidang tahunan KWI 2017 juga dihadiri oleh Duta Vatikan untuk Indonesia yang diwakili oleh Rm. Fabio Salerno, Sekretaris Duta, Dirjen Bimas Katolik Depag RI, Bp. Eusabius Binsasi dan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia yang diwakili oleh Pdt Bambang serta utusan-utusan dari KOPTARI dan UNIO.

Tidak hanya itu, Bapak Kardinal Julius Darmaatmaja SJ beserta sederetan para uskup emeritus juga turut hadir dalam sidang besar ini, yakni Mgr. Hyronimus Bumbun OFMCap, Mgr. Michael Angkur OFM, Mgr. Blasius Pujaraharja, Mgr. Pius Datubara OFMCap, dan Mgr. Julianus Sunarko SJ. (dokpenkwi/r1)