Connect with us

Kriminal

Viral Video Guru Pukul Murid, KPAI Minta Pelaku Diperiksa Kejiwaannya

Published

on

Ilustrasi kekerasan pada anak

Jakarta-Geosiar.com, Beredarnya video guru pukul murid yang viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir membuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) angkat bicara. Ketua KPAI Sitti Hikmawatty mengatakan beredarnya video tersebut menjadi perhatian lembaganya, ditambah kekerasan tersebut dilakukan di hadapan siswa.

“Perlu pemeriksaan kejiwaan pada guru yang bersangkutan,” kata Sitti, Minggu, 5 November 2017.

Pemukulan murid oleh oknum guru dalam video tersebut terjadi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Video yang berdurasi sekitar 36 detik tersebut tampak seorang guru menghampiri muridnya dan memukulinya bertubi-tubi. Seorang guru lainnya tampak hendak melerainya. Namun, guru tersebut malah menjadi target tinju guru pelaku pemukulan tersebut.

Setelah memukuli lainnya itu, pelaku kemudian kembali menghampiri murid dan memukulinya. Tampak dalam video tersebut, pemukulan dilakukan dihadapan murid-murid lainnya.

Sitti menilai kemarahan sang guru dalam video tersebut tampak tidak umum. Menurutnya kemarahan tersebut bisa disebabkan oleh tekanan atau stres. Sitti meminta pemeriksaan dilakukan untuk menemukan indikasi stress tersebut.

Saat ini KPAI tengah bekerjasama dengan kepolisian, Tim Reaksi Cepat Kementerian Sosial RI, serta Direktorat Tindak Pidana Siber Mabes Polri untuk mencari tahu sekolah, guru, serta murid terkait. “Sementara ini masih dalam proses penelusuran,” ujar Sitti.

KPAI meminta masyarakat tidak menyebarluaskan video kekerasan melalui media sosial dan internet agar tidak memancing hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kemarahan masyarakat. Pihaknya juga mengkhawatirkan penyebaran video juga malah dapat membuat penontonnya meniru aksi kekerasan yang ditampilkan. (Tpo/R2)