Connect with us

Sumut

Pelindo I dan Pelindo III Sepakat Tandatangani Perjanjian Kerjasama

Published

on

Pelindo I dan Pelindo III Tanda tangani perjanjian kerjasama di Hotel Adimulia Medan pada Jumat (3/11/2017)

Belawan-GeoSiar.com, PT Pelabuhan Indonesia 1 atau Pelindo I dan Pelindo III bersama-sama menandatangani dua Perjanjian Kerjasama di Hotel Adimulia Medan pada Jumat (3/11/2017).

Perjanjian yang ditandatangani terdiri dari ‘Perjanjian Kerjasama Pengembangan Bisnis Jasa Kepelabuhanan di Lingkungan Pelindo I dan Pelindo III’. Selain itu, perjanjian yang juga di sepakati ialah ‘Perjanjian Kerjasama Pemasaran Pelayanan Jasa Pemanduan di Perairan Selat Malaka-Selat Singapura’ .

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama Pelindo I, Bambang Eka Cahyana dan Direktur Utama Pelindo III, IG.N. Askhara Danadiputra yang disaksikan oleh Asisten Deputi Usaha Konstruksidan Sarana dan Prasarana Perhubungan II Kementerian BUMN, Dewi Ariyani.

Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan komitmen dan semangat positif dalam menjalin hubungan bisnis dalampengembangan bisnis jasa ke pelabuhanan dan jasa terkait ke pelabuhanan lainnya dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki kedua belah pihak.

Untuk mewujudkan sinergitas dalam pengembangan bisnis jasa kepelabuhanan tersebut, Pelindo I juga menandatangani Perjanjian Kerjasama dengan PT Pelindo Marine Services yang merupakan anak usaha Pelindo III tentang Kerjasama Pemasaran Pelayanan Jasa Pemanduan di Perairan Selat Malaka Selat Singapura.

Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pelindo I, Iman A. Sulaiman dan Pjs.Direktur Utama PT Pelindo Marine Services, Ali Sodikin. Perjanjian kerjasama ini dimaksudkan sebagai wujud sinergi BUMN dalam kegiatan pemasaran dan operasional pelayanan pemanduan di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Kerjasama ini untuk menguatkan sinergi BUMN antara Pelindo I dengan Pelindo III maupun anak usahanya dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Pelindo I dan Pelindo III memiliki kesamaan konsep pembangunan pelabuhan, sehingga kerjasama ini diarapkan mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh kedua belah pihak baik dalam hal pelayanan kinerja maupun SDM untuk menghadapi perkembangan bisnis.

Seperti kerjasama dalam pemanduan Selat Malaka, Pelindo I telah mendapatkan limpahan wewenang di wilayah tersebut.

Disamping itu, Bambang Eka Cahyana, Pelindo III sudah membangun network sehingga potensi coverage market-nya diharapkan bisa lebih ditingkatkan dalm hubungan kerjasama ini. (tvplr/r1)