Connect with us

Nasional

Eggi Sudjana Sesalkan Ketidakhadiran Anies di Peringatan Aksi 4 November

Published

on

Eggi Sudjana menyesalkan ketidakhadiran Anies dalam peringatan 4 November

Jakarta-GeoSiar.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku tak dapat menghadiri undangan peringatan aksi 4 November 2017 atau 411 di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan yang di gelar pagi tadi.

Aksi ini merupakan aksi yang dikenal Aksi Bela Al-Qur’an atau Aksi Damai 4 November.

Pada 4 November 2016 para demonstran yang berjumlah antara 50.000–200.000 turun ke jalan-jalan di Jakarta, Indonesia untuk memprotes pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang dianggap menghina agama Islam.

Pada saat aksi ini di gelar, Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memerintahkan anak buahnya untuk mengambil tindakan tegas bila terjadi kekerasan. Gatot mengatakan bahwa hanya sebagian kecil masyarakat saja yang melakukan aksi unjuk rasa, sehingga para prajurit TNI harus melindungi juga mereka yang tidak melakukan unjuk rasa.

Panglima TNI juga menegaskan kepada seluruh anak buahnya supaya tidak ragu dalam mengambil tindakan untuk melindungi rakyat Indonesia, terutama apabila terjadi kegiatan anarkis dan radikal. Panglima TNI juga mengharapkan masyarakat tetap tenang dan melakukan aktifitas seperti biasa.

Hari ini adalah hari memperingati aksi tersebut dan Penasehat Presidium Alumni 212, Eggi Sudjana menyesalkan ketidakhadiran Anies dalam kegiatan tersebut.

Sejumlah tokoh dari organisasi massa Islam menghadiri peringatan satu tahun Aksi Bela Islam 411. Acara tersebut sekaligus untuk mendeklarasikan Gerakan Indonesia Salat Subuh (GISS).

Beberapa tokoh yang hadir dalam acara tersebut di antaranya Pendiri Pengajian Politik Islam Cholil Ridwan, Penasihat Presidium Alumni 212 Eggi Sudjana dan Ketua Takmir Masjid Agung Al Azhar Sobirin HS.

Anies pun mengaku enggan menanggapi pernyataan Penasihat Presidium Alumni 212, Eggi Sudjana yang menyesalkan ketidakhadirannya dalam acara tersebut.

“Karena ada kegiatan saja,” ujar Anies Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (4/11/2017).

“Enggak ada komentar,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut.

Sementara, Wakil Gubernur Sandiaga Uno mengaku tak mendapatkan undangan peringatan aksi 411.

Sandi juga mengaku mempunyai agenda kegiatan pagi di sebuah Masjid di kawasan Tebet Jakarta Selatan.

“Saya enggak diundang. Dan pagi jam 04.00 WIB saya sudah salat subuh di Namira (Masjid Namira). Kan jadwalnya kalian pegang,” aku Sandi. (lpt6/r1)