Connect with us

Nasional

Setya Novanto Bantah Kesaksian Gubernur Jawa Tengah Tentang e-KTP

Published

on

Setya Novanto, Ketua DPR bantah kesaksian yang diberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jakarta-GeoSiar.com, Setya Novanto, Ketua DPR menyebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengarang cerita tentang keterkaitannya dengan proyek pengadaan KTP berbasis elektronik (e-KTP).

Hal itu dikatakan Novanto saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (3/11/2017). Ketua Umum Partai Golkar itu bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Awalnya, majelis hakim mengonfirmasi tentang keterangan Ganjar saat bersaksi di persidangan sebelumnya.

Saat itu, Ganjar yang merupakan mantan pimpinan Komisi II DPR menceritakan bahwa pada sekitar 2010-2011, ia pernah bertemu Setya Novanto di Bandara Ngurah Rai, Bali.

“Kalau bertemu Ganjar di Bali, itu, betul,” kata Novanto.

Kemudian, hakim melanjutkan pertanyaan. Hakim mengulangi pengakuan Ganjar bahwa dalam pertemuan di bandara itu, Novanto memintanya agar tidak galak-galak saat membahas anggaran e-KTP di DPR.
Pada waktu itu, Novanto masih menjabat Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR.

“Pak Ganjar mengatakan, Anda meminta agar pembahasan anggaran e-KTP enggak perlu keras-keras. Apa itu benar?” tanya hakim kepada Novanto.

Novanto kemudian membantah pernyataan tersebut. Menurut dia, dalam pertemuan yang hanya sebentar itu, tidak ada pembicaraan soal e-KTP sama sekali.

Majelis hakim kemudian mengingatkan bahwa Novanto telah bersumpah dan wajib memberikan keterangan yang benar. Namun, Novanto tetap kukuh pada bantahannya. Novanto bersihkeras mengaku tidak membicarakan mengenai e-Ktp dalam pertemuannya dengan Ganjar di Bali.

“Tidak benar, enggak pernah, ngarang itu,” tutup Novanto. (kps/r1)