Connect with us

Sumut

Gebrakan Bersih-Bersih Narkoba oleh Alumni UNIKA Santo Thomas Sumatera Utara

Published

on

Rapat Alumni Unika Santo Thomas Sumatera Utara merancang kegiatan 'Bersih-Bersih Narkoba' pada Kamis (2/11/2017) di Lantai 2 Gedung Chatolik Center Jl. Mataram Medan pukul 10.30 WIB.

Medan-GeoSiar.com, Alumni Universitas Katolik (UNIKA) Santo Thomas Sumatera Utara (SU) melaksanakan rapat untuk merancang kegiatan ‘Bersih-Bersih Narkoba’ pada Kamis (2/11/2017) di Lantai 2 Gedung Chatolik Center Jl. Mataram Medan pukul 10.30 WIB.

Kegiatan yang dipelopori oleh alumni UNIKA Santo Thomas ini rencananya akan diselenggarakan pada 26 hingga 28 Februari 2018 mendatang.

Kegiatan yang merupakan wujud kepedulian para alumni terhadap almamater didukung sepenuhnya oleh Rektor UNIKA, Dr.Frietz R.Tambunan. Para alumni beserta pihak Rektorat UNIKA juga turut menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat dan Provinsi dalam pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami sangat bangga bisa memberikan sesuatu yang berharga bagi kampus tempat kami menuntut ilmu dahulu,” ujar Horas Tamba S.T, Ketua Alumni Dewan Pengurus Cabang (DPC) UNIKA Santo Thomas SU.

Dalam menyusun kegiatan ini, hadir beberapa alumni yang masuk dalam perangkat kepanitiaan yaitu Ir. Herbert M. Sinurat, Mian Silalahi, Rofinus Sihombing, Ida Gultom, Deborah Situmorang, Binsar Simarmata, Saut Turnip dan Trully Purba.

Kegiatan ini beranjak dari maraknya kasus Narkoba yang menjerumuskan kaum muda khususnya di kalangan mahasiswa.Berdasarkan Data Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait pengguna narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) di 2014 menyebutkan, 22 persen pengguna narkoba di Indonesia merupakan pelajar dan mahasiswa. Jumlah ini terus mengalami peningkatan grafik pengguna setiap tahunnya hingga tahun 2017.

Untuk menanggulangi maraknya kasus Narkoba yang terjadi, alumni UNIKA ingin memberikan aksi nyata berupa gerakan ‘Bersih-Bersih Narkoba’ di lingkungan kampus UNIKA.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat menunjukkan bahwa alumni Unika peduli akan anak-anak bangsa. Selain itu, alumni juga bisa menjadi garda terdepan untuk memberantas Narkoba yang menjerumuskan anak bangsa,” ujar Herbert selaku ketua dalam kepanitiaan.

Adapun beberapa rangkaian acara yang akan diselenggarakan selama 3 hari dimulai dari tes urine, pameran dan juga pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNIKA pada hari pertama.

Kemudian pada hari kedua akan diadakan pagelaran musik anti Narkoba dan perlombaan Karya Tulis anti Narkoba. Sebagai acara penutup akan diadakan seminar Nasional dan penyerahan hadiah lomba bagi para pemenang.

“Ini memang kita mulai dari lingkup internal UNIKA dulu, khusus untuk mahasiswa UNIKA sebagai bentuk gerakan awal. Rencananya apabila kegiatan ini berhasil terlaksana maka akan di adakan dalam lingkup yang lebih luas, yang bisa menjaring mahasiswa di luar kampus,” pungkas Mian, wakil sekretaris panitia. (Cw1)