Connect with us

Dunia

Shinzo Abe Pertahankan Kursi Perdana Menteri Jepang

Published

on

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe

Tokyo-GeoSiar.com, Shinzo Abe kembali terpilih sebagai perdana menteri Jepang setelah hasil pengumunan pemilu bulan lalu yang diumumkan hari ini, Rabu (1/11/2017) menunjukkan kemenangan telak koalisinya.

Pengumunan ini muncul jelang kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump ke Tokyo, yang diperkirakan membicarakan kekhawatiran terhadap Korea Utara (Korut) yang sedang bergejolak.

Abe yang dicalonkan koalisi pimpinan Partai Demokrat-Liberal Jepang menang telak usai mempertahankan dua pertiga suara di majelis majelis rendah parlemen dalam pemilihan 22 Oktober lalu.

Pemilu tersebut dianggap sangat penting bagi Shinzo Abe untuk mendapatkan dukungan dari parlemen terkait rencananya terhadap Korea Utara. Ia juga berencana mengamandemen konstitusi terkait nasib Pasukan Bela diri Jepang (SDF) agar tidak hanya memiliki fungsi sebatas kepentingan pertahanan diri saja.

Abe diprediksi akan mempertahankan para menteri dalam jajaran kabinetnya saat ini. Abe dikabarkan meminta mereka untuk menyusun anggaran tambahan untuk tahun ini sampai 31 Maret 2018 yang berfokus pada perawatan anak dan meningkatkan produktivitas.

Pada periode kedua kepemimpinannya, Abe dinilai akan terus meningkatkan perekonomian dan kekuatan pertahanan negaranya. Abe hanya berjarak dua tahun lagi untuk menjadi Perdana Menteri Jepang dengan masa pengabdian paling lama. Periode kepemimpinan Shinzo Abe saat ini sedianya baru akan berakhir pada Oktober 2021. (CNN/R2)