Connect with us

Daerah

Kabanjahe-Berastagi Digoyang Gempa Berkekuatan 4,3 SR

Published

on

Alat Pencatat gempa, Seismograf

Medan-GeoSiar.com, Kabanjahe dan Berastagi, Kabupaten karo, Sumatera utara (Sumut) pada Selasa pagi dilanda gempa dengan kekuatan 4,3 skala Richter (SR).

Titik Gempa diketahui berada di darat pada jarak 21 kilometer arah Timur Laut Kabupaten Karo, Sumatera Utara dan dirasakan di Kabanjahe dan Berastagi.

“Gempa bumi dengan posisi episenter pada koordinat 3.13 Lintang Utara dan 98.46 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer,” ujar Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Edison Kurniawan di Medan, Selasa.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Sumut, sinyal gempa bumi menunjukkan gempa berupa tektonik dangkal pada lapisan kerak bumi. Gempa diketahui berada di zona sesar lokal di sekitar Kabupaten Karo.

Masyarakat di sekitar Kabanjahe, Berastagi, dan sekitarnya diminta tenang dan tidak berpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab. BBMKG Medan juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti arahan pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencsna Daerah dan mengikuti perkembangan informasi gempa dari BBMKG.

“Masyarakat diminta tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya,” demikian Edison Kurniawan. (Ant/R2)