Connect with us

Nasional

Ignatius Jonan Beli Sepeda Motor Listrik

Published

on

Ignatius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pakai motor listrik sebagai kendaraan hemat energi

Jakarta-GeoSiar.com, Ignasius Jonan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membeli sepeda motor bersumber energi listrik.

Motor listrik terbaru yang dimilikinya tersebut seharga Rp 16,7 juta. Sepeda motor tersebut telah dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

“Kemarin saya beli motor listrik. Harganya Rp 16,7 juta, dikasih helm, helm harganya Rp 500-600 ribu, dikasih jaket sudah lengkap. Ada STNK ada BPKB keluarnya dua minggu lagi STNK-nya katanya,” kata Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Jonan mengakui bahwa kendaran baru tersebut jauh lebih irit dibandingkan motor berbahan bakar minyak (BBM). Motor terbarunya dapat melaju dengan kecepatan 60 kilometer (km) sampai 70 km dan dapat menempuh jarak 60 km.

Untuk jarak tersebut, konsumsi energi listrik motornya mencapai 2 kilowatt hour (k‎Wh). Atas konsumsi listrik 2 kWh, ‎jika saat ini harga listrik Rp 1.400 per kWh, maka biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 2.800-2.900.

Adapun jika dibandingkan dengan motor bersumber energi BBM jenis Premium, dengan jarak tempuh yang sama diperkirakan kendaraan akan mengonsumsi 1,5 liter BBM, dan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 10 ribu.

“Sebesar 2 kWh itu kira Rp 2.900. Lah kalau pakai Premium 1,5 liter kira-kira Rp 10 ribu,” tuturnya.

Menurut Jonan, pemerintah sangat mendukung penggunaan kendaraan listrik, karena sesuai dengan Kebijakan Energi Nasional (KEN), meningkatkan ketahanan energi nasional. Hal ini dikarenakan bahwa listrik yang dikonsumsi berasal dari pembangkit yang energinya tersedia di dalam negeri yaitu berupa batu bara atau gas, EBT dan tenaga matahari​ yang relatif murah. (Lpt 6/r1)