Connect with us

Dunia

Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tidak Akui Kemerdekaan Catalonia

Published

on

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi

Jakarta-GeoSiar.com, Setelah negara-negara Uni Eropa menolak akui kemerdekaan Catalonia, Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri mengeluarkan pendapat serupa. Indonesia tidak mengakui kemerdekaan Catalonia dan tidak mendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol.

Dilansir pada laman resmi Twitter Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Sabtu. Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi menegaskan bahwa Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia. Pemerintah Indonesia juga menganggap Catalonia sebagai bagian dari wilayah Spanyol.

“Catalonia adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia,” demikian pernyataan Menlu Retno Marsudi pada laman resmi Twitter Kemlu RI.

Selain Indonesia, beberapa negara lain pun menyatakan tidak mengakui kemerdekaan Catalonia untuk memisahkan diri dari Spanyol, antara lain Jerman, Prancis, Inggris dan Meksiko.

Seperti yang diketahui, pada 1 Oktober lalu Catalonia menggelar referendum kemerdekaan dari pemerintah Spanyol. Namun referendu tersebut dianggap ilegal oleh Pemerintah Spanyol karena melanggar konstitusi negara tersebut.

Gejolak politik di Spanyol semakin menjadi-jadi setelah pemerintah pusat membebastugaskan presiden dan parlemen Catalonia beberapa jam setelah daerah itu memproklamasikan kemerdekaan. (Ant/r2)