Connect with us

Sumut

Jong Batak’s Arts Festival Putar Film ‘Suara Dari Jalanan’

Published

on

Medan-GeoSiar.com, Jong Batak’s Arts Festival menggelar nonton film bersama pada Sabtu (28/10/2017) pukul 14.30 di Gedung Pameran Taman Budaya,  Jl. Perintis Kemerdekaan Medan.

Dalam acara ini hadir Forum Jurnalis Perempuan,  mahasiswa dan juga beberapa siswa siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang merupakan perwakilan dari beberapa sekolah di kota Medan.

Pada pemutaran film yang berdurasi 57 menit ini mengangkat tema ‘Suara dari Jalanan’  yang dirilis oleh Diana Saragih, perwakilan dari forum jurnalis perempuan.

Film ini berisi tentang perjuangan mahasiswa yang melakukan unjuk rasa turun ke jalanan mewakili suara rakyat yang tertindas karena kebijakan pemerintah yang dianggap tidak sesuai dengan harapan rakyat.

Film ini menceritakan tentang Gerakan Mahasiswa Sumatera Utara yang turun ke jalanan pada hari-hari besar nasional seperti Hari Buruh Nasional, Hari Pendidikan dan beberapa hari besar lainnya untuk berorasi menyuarakan suara rakyat yang tidak tersampaikan.

Melalui aksi turun kejalanan,  mahasiswa ingin mewujudkan Indonesia yang sejahterah melalui kritikan dan masukan yang membangun pemerintah sehingga pemerintah mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

Aksi yang dilakukan oleh mahasiswa ini merupakan suatu perwujudan nyata para mahasiwa untuk mengaplikasikan 3 pilar pendidikan perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.  Dalam hal turun ke jalanan,  ini merupakan perwujudan dari pengabdian mahasiswa pada masyarakat.

Tujuan dari pemutaran film ini adalah untuk membangun kembali semangat pemuda khususnya pada peserta pemutaran film ini untuk dapat berperan sebagai penyeimbang dari kebijakan kebijakan para petinggi penguasa dan pemerintahan untuk dapat memimpin dan berpihak pada kesejahteraan rakyat walaupun harus menghadapi beberapa penolakan dan tantangan dari berbagai pihak,  termasuk dari pihak kepolisian dan juga masyarakat itu sendiri. (cw1)