Connect with us

Dunia

Zuckerberg, Pria Terkaya ke 5 yang Penampilannya Sangat Sederhana

Published

on

Zuckerberg dan Priscilla Chan yang berbahagia dengan kelahiran putrinya

Amerika Serikat-GeoSiar.com, Zuckerberg merupakan orang kelima terkaya di dunia menurut Indeks Miliuner Bloomberg, yang lahir tahun 1984 di White Plains, New York dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi.

Zuckerberg bersama tiga saudara perempuannya, Randi, Donna, dan Arielle dahulu dibesarkan di Dobbs Ferry, New York dan dibesarkan sebagai seorang Yahudi dan menjalani bar mitzvah ketika menginjak usia 13 tahun walaupun selama ini ia menetapkan dirinya sebagai seorang ateis.

Pendiri dan CEO Facebook ini memiliki kekayaan yang terus berkembang dan saat ini kekayaannya tercatat mencapai 74 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 1.000 triliun dan masih terus bertambah.

Walaupun memiliki kekayaan yang tidak terhingga, Zuckerberg tidak menggunakan semua kekayaannya itu untuk mengoleksi barang-barang mewah karena dia tidak punya selera berlebihan dalam hal mobil, pakaian, atau bepergian.

Sebagai anggota dari organisasi Giving Pledge dan pendiri Chan Zuckerberg Initiative, yang dimulainya bersama sang istri, Priscilla Chan, pria yang menikah Pada tanggal 19 Mei 2012 dengan Priscilla Chan ini lebih banyak menghabiskan uangnya untuk urusan amal.

Zuckerberg memang tidak pernah mengambur-hamburkan uangnya untuk urusan-urusan yang tidak penting. Hidupnya bahkan jauh dari kata berfoya-foya dan mewah walaupun ia memiliki harta yang tidak terhingga.

Upacara pernikahannya yang merupakan acara yang sakral untuk seumur hidup saja hanya dilangsungkan di halaman belakang rumah Zuckerberg dan jauh dari resepsi pernikahan yang mewah. Tamu-tamu yang diundang juga hanya berupa orang khusus dengan dalih merayakan lulusnya Chan sebagai dokter dari fakultas kedokteran di University of California, San Francisco.

Dibulan yang sama, yaitu bulan Mei 2012, Facebook memulai debutnya di lantai bursa New York dan langsung mencatat IPO terbesar perusahaan teknologi dalam sejarah.

Setahun setelah “melantai” di bursa saham, kekayaan yang diterima Zuckerberg bertambah menjadi 9 miliar dolar atau Rp 122 triliun setahun.

Meski tercatat sebagai salah satu orang terkaya, Zuckerberg tetap mempertahankan gaya hidup sederhana bersama istri dan kedua putri yang hadir mengisi hidup mereka.

Salah satu ciri khas penampilan sederhana Zuckerberg adalah T-shirt abu-abu yang nyaris selalu dikenakannya ke mana-mana. Walaupun terlihat sederhana, kaos itu dirancang oleh perusahaan ternama dengan harga mencapai ratusan bahkan ribuan dolar.

Tidak hanya baju, kendaraan pribadi yang dimilikinya Zuckerberg juga sangat sederhana yaitu sebuah mobil bermerk Honda Acura TSX, sebuah hatchback Volkswagen, dan sebuah Honda Fit yang ketiganya bernilai kurang dari 30.000 dolar AS atau sekitar Rp 400 juta.

Namun, dibalik kesederhanaannya dalam berpakaian dan berkendara, ada satu hal yang tidak diragu yang dilakukan Zuckerberg sebagai orang terkaya ke 5 yaitu dalam hal membeli tempat tinggal, rumah.

Pada Mei 2011 dia membeli sebuah rumah di Palo Alto seluas hampir 500 meter persegi seharga 7 juta dolar AS.  Zuckerberg tidak main-main dengan kualitas huniannya bersama istri kesayangannya dan juga kedua putrinya. Setahun kemudian, Zuckerberg mulai membeli properti yang mengitari kediamannya yang tentunya dari barang-barang berkualitas.