Connect with us

Nasional

Khusus Bahas Densus Tipikor, Rapat Terbatas Digelar

Published

on

Joko Widodo memipin rapat terbatas pembahasan mengenai Densus Tipikor di Istana Presiden, Jakarta pada Selasa siang (23/10/2017)

Jakarta-GeoSiar.com, Presiden Joko Widodo, menggelar rapat terbatas membahas rencana pembentukan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor) di Istana Presiden, Jakarta pada Selasa siang (23/10/2017).

Berdasarkan agenda Wakil Presiden Jusuf Kalla, pukul 10.00 WIB dilaksanakan rapat terbatas membahas rencana pembentukan Densus Tipikor di Istana Presiden, Jakarta.

Namun, agenda tersebut merupakan agenda internal yang tertutup dari media dan hanya akan di bahas oleh pihak internal yang merupakan undangan resmi.

Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga negara satu per satu mendatangi Kompleks Istana Presiden sejak pukul 10.00 WIB.

Yang datang mewakili kepolisian dalam rapat terbatas ini ialah Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen (Pol) Rikwanto. Sementara beberapa menteri dan pimpinan lembaga negara yang hadir, antara lain Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ketua KPK Agus Rahardjo.

Tujuan kedatangan beberapa menteri yang sudah tiba dan memasuki ruang rapat masih belum terungkap hingga saat ini karena beberapa menteri mengaku bahwa pemanggilan untuk menghadiri rapat dilakukan secara mendadak, sehingga beberapa diantara mereka tidak mengetahui topik yang akan di bahas dalam rapat terbatas hari ini.

“Nanti, nanti…lihat saja habis ini apa,” ujar Wiranto dilansir dari Kompas.com.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Asman mengenai ketidak tahuan beliau tentang topik rapat.

“Saya juga enggak tahu bahas apa. Baru dipanggil barusan,” ujar Asman sembari berjalan tergesa-
gesa memasuki Istana.

Pekan lalu, Presiden menegaskan bahwa pemerintah belum menentukan sikap terkait usulan Polri mengenai membentuk Densus Tipikor sebagai salah satu upaya pemberantasan korupsi.

Menurut Jokowi, pemerintah akan membahas usulan itu dalam rapat terbatas yang ia pimpin pada pekan depan.

“Rencana itu masih usulan, minggu depan kami bahas dalam ratas,” ujar Jokowi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

Saat ditanya mengenai pendapat pribadinya mengenai Densus Tipikor, Jokowi enggan berkomentar. Ia kembali mengulang jawabannya.

“Akan dibahas dalam ratas,” tutup Jokowi.