Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah Besok

Published

on

Jokowi-JK bersama Gubernur se-Indonesia

Jakarta-Geosiar.com, Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono mengatakan Presiden akan mengumpulkan seluruh kepala daerah dan wakilnya besok, Selasa (24/10/2017).Pertemuan akan diselenggarakan di Istana Negara Pukul 13.00 WIB.

“Untuk gubernur, bupati, wali kota seluruh Indonesia. Bapak Presiden RI berkenan bertemu di Istana untuk menyampaikan pesan-pesan pengarahan umum terkait banyak hal,” kata Sumarsono di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Senin (23/10/2017) dilansir dari Kompas.

Soemarsono menerangkan pengarahan meliputi persoalan investasi, perizinan dan berbagai isu nasional lainnya. Sedangkan Undangan pengarahan Presiden kepada kepala daerah telah disampaikan ke daerah.

“Ada beberapa pejabat daerah belum menerima radiogram nanti akan diberikan informasi. Undangan bisa diberikan melalui perwakilan. Mohon maaf ini informasinya mendadak,” ujarnya.

“Pada kesempatan tersebut tidak ada paparan dari gubernur, bupati, wali kota. Paparan tunggal akan disampaikan bapak Presiden,” tutup Sumarsono.

Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo sebelumnya menerangkan bahwa Presiden Jokowi akan mengundang kepala daetah se-Indonesia jelang tahun politik 2018 dan 2019.

“Pada kesempatan tersebut tidak ada paparan dari gubernur, bupati, wali kota. Paparan tunggal akan disampaikan bapak Presiden,” tutup Sumarsono.

Menurut Tjahjo yang juga politisi PDIP ini, arah Presiden mengumpulkan kepala daerah sangta jelas. Menurutnya, emerintah daerah harus menyukseskan program pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial, sejak tahapan pemilihan presiden 2019 sampai pelantikan Presiden selanjutnya.

“Secara politik, tinggal 10 bulan pengusulan calon presiden dan calon wakil presiden. Kerja pemerintah pusat dan daerah harus terlaksana dengan baik,” kata Tjahjo.

“Program prioritas pemerintah pusat harus bisa dilaksanakan dengan berhasil di daerah. Termasuk program prioritas gubernur, bupati/walikota harus berjalan dengan baik,” tambah dia.

Tjahjo mengharapkan pekerjaan pemerintah yang belum terselesaikan dapat segera tuntas. Seperti soal urusan Pangan dan papan.

“Mudah-mudahan pembangunan tahunan selesai semua, percepatan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tutup Tjahjo.