Connect with us

Nasional

Presiden Siap Naikkan Tunjangan Veteran sebanyak 25 persen.

Published

on

Presiden Joko Widodo

Jakarta,GeoSiar.com, Presiden Joko Widodo menilai para veteran sangat berjasa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Oleh karenanya, pemerintah akan menaikkan tunjangan veteran sebesar 25 persen. Hal ini disampaikan Presiden joko Widodo saat menutup Kongres XI Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Hotel Borobudur, sawah Besar, Jakarta, Kamis (19/10/2017).

“Pemerintah menaikkan tunjangan untuk veteran terakhir tahun 2014, tunjangan akan dinaikkan lagi mulai Januari 2018 sebesar 25 persen,” kata Presiden Jokowi dilansir dari Antara.

Kenaikan tunjangan ini meningkat hampir 10 persen dibandingkan kenaikan 16 persen sejak tiga tahun lalu. Jokowi memastikan kenaikan tunjangan veteran setelah menggelar rapat dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani

“Tadi pagi rapat dengan Menkeu, mulai Januari 2018, (tunjangan veteran) kami naikkan 25 persen,” kata Jokowi yang disambut tepuk tangan para veteran.

Jokowi juga mengaku telah menanyakan kesanggupan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk membantu Menteri BUMN Rini Soemarno merenovasi rumah veteran.

Menteri PUPR Basuki, kepada Jokowi, menyanggupi membantu dan akan merenovasi 400 rumah veteran. Saat ini sekitar 765 rumah sudah direnovasi dan 585 rumah dalam proses renovasi Kementerian BUMN.

“Kami mohon segera berikan nama dan alamat. Ini berjalan sangat cepat dan akan secepatnya kami mulai,” tutur mantan Wali Kota Solo itu.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan bentuk penghargaan pemerintah kepada veteran sangatlah kecil dan tidak sebanding dengan kontribusi yang telah mereka berikan kepada bangsa dan negara.

“Ini memang saya kira sudah saatnya tunjangan LVRI dinaikkan dan ini kita rapatkan beberapa hari ini dan tadi pagi diputuskan para veteran diberikan tunjangan 25 persen,” kata Jokowi seusai acara.