Connect with us

Lifestyle

5 Manfaat Mengonsumsi Tempe Bagi Tubuh

Published

on

Tempe yang berkualitas dapat mempertahankan kesehatan tubuh

Medan-GeoSiar.com, Banyak manfaat yang didapatkan jika anda rajin mengonsumsi tempe sebagai lauk sehari-hari. Dikalangan masyarakat Indonesia, tempe merupakan makanan khas yang sangat cocok di lidah semua orang tanpa menguras biaya yang besar.

Beragam makanan bisa diolah dari tempe. Rasanya pun enak dan gurih. Aneka makanan bisa dibuat dari tempe baik itu makanan ala warung tegal atau ala restoran dan cafe.

Jenis makanan ini juga sangat cocok diolah dengan sayuran atau makanan lainnya dan sama sekali tidak mengurangi kelezatan dari makanan ini. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi tempe yang baik untuk kesehatan tubuh anda:

1. Sumber protein bebas lemak

Bagi anda yang mengonsumsi tempe sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet. Kandungan proteinnya terdiri dari 18 jenis protein dan asam amino yang sangat baik untuk kesehatan anda tanpa takut gemuk.

2. Meningkatkan kadar HDL.

Kadar kolesterol baik yang terkandung dari tempe yang dapat dengan mudah bercampur dalam darah terbukti mampu membuat kolesterol jahat berkurang dan menekan serta mengeluarkannya dari dalam tubuh.

3. Melancarkan pencernaan

Tempe memiliki kandungan serat yang mampu mengikat racun dan kolesterol penyebab kanker di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi tempe yang kaya akan kandungan serat, pencernaan kita menjadi lancar dan usus tidak haru bekerja berat dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, tempe juga memiliki zat penawar antidotum atau anti keracunan logam berat, sehingga mampu mengatasi gejala keracunan pada tubuh anda. Zat antibiotik dan antibakteri di dalam tempe juga efekif dalam pencegahan pertumbuhan E-coli, sehingga sangat baik untuk mencegah diare dan kolera.

4. Menjaga kesehatan tulang

Tempe mampu menjaga tulang untuk tetap kuat dan mencegah penyakit osteoporosis karena mengandung vitamin D.

5. Meningkatkan sistem syaraf

Tempe mengandung banyak vitamin terutama sumber vitamin B. Dengan mengonsumsi tempe sebagai lauk sehari hari, maka akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme sel darah merah, meningkatkan kekebalan dan fungsi sistem syaraf