Connect with us

Kesehatan

5 Manfaat Membaca Buku Bagi Kesehatan Anda

Published

on

Manfaat membaca buku yang baik untuk kesehatan anda

Medan-GeoSiar.com, Ada banyak manfaat yang anda miliki ketika anda rajin membaca buku bacaan. Dizaman sekarang, banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk membaca dengan alasan rutinitas yang padat dan melelahkan.

Olehkarena itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk melakukan aktivitas lain selain membaca buku sebagai sarana menghilangkan lelah atau jenuh yang dialami setelah beraktivitas seharian, seperti menonton, bermain games dan hal lainnya yang sama sekali tidak berhubungan dengan buku.

Setidaknya dalam satu hari, sisihkanlah enam menit untuk membaca buku.
Kami berhasil merangkum beberapa manfaat dari membaca buku untuk kesehatan anda dari beberapa sumber yang terpercaya:

1. Mengurangi Stres

Ketika anda mulai membaca, maka secara tidak langsung anda akan memperlambat denyut jantung dan ketegangan pada otot tubuh. Tentunya membaca buku dapat menjadi sarana meredakan ketegangan yang anda rasakan karena dengan membuat pikiran kita masuk dalam cerita dari buku yang sedang kita baca, kita bisa mengurangi penat yang ada di dalam pikiran.

2. Meningkatkan Kemampuan Memori Otak

Membaca buku secara tidak langsung membuat kita harus mengingat, mulai dari karakter, plot, latar belakang dan alur untuk memahami isi cerita.

Salah satu keuntungan membaca buku adalah sebagai latihan otak dan pikiran.

Membaca dapat membantu menjaga otak agar selalu menjalankan fungsinya secara sempurna.

Saat membaca, otak dituntut untuk berpikir lebih, sehingga dapat membuat orang semakin cerdas, tetapi untuk latihan otak ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin setiap harinya.

Hal ini mungkin terdengar sulit untuk dilakukan, tapi apabila kita sering melakukannya, maka akan terasa mudah dan dapat menjadikannya sebagai hobi anda.

3. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Kritis

Dengan membaca buku, anda dapat membangun imajinasi sesuai dengan buku yang anda baca. Jika anda membaca buku yang berisi tentang fiktif anda akan terdorong untuk membayangkan sesuatu yang berhubungan dengan alur cerita sehingga cerita tampak hidup dan nyata di dalam hayalan kita. Berita baik bagi kamu si penyuka novel detektif, atau misteri yang rangkaian ceritanya penuh dengan teka-teki akan memancing pembacanya untuk memecahkan rahasia di balik cerita tersebut.

4. Menambah Daftar Kosakata

Semakin banyak membaca, semakin banyak juga kata-kata baru yang bisa kita dapatkan. Mereka yang banyak membaca akan lebih mudah untuk mengekspresikan sesuatu dengan baik.

5. Mencegah Potensi Alzheimer

Penyakit Alzheimer dapat dicegah dengan kita rajin membaca setiap harinya. Dengan membaca, keadaan otak kita akan tetap terjaga dan aktif, sehingga ingatan kita akan tetap kuat.

Nah, ada 5 manfaat yang akan anda dapatkan jika anda mulai menerapkan kebiasaan membaca buku dengan rutin. Sisihkan waktu anda selama kurang lebih 10 menit untuk membaca buku apapun untuk melatih kemampuan anda dan tentunya manfaat dari membaca dapat anda rasakan secara langsung.