Connect with us

Nasional

Tak Hadiri Pelantikan Anies, Djarot Pilih Liburan

Published

on

Djarot Saiful Hidayat

Jakarta-GeoSiar.com, Mantan gubernur Jakarta, Djarot Saiful Hidayat tak menghadiri pelantikan gubernur DKI yang baru di Balaikota hari ini. Djarot memilih liburan bersama bersama keluarga setelah tak lagi menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Dilansir dari Detik,  Djarot sudah berangkat ke Labuan Bajo pagi ini. Karena itu, Djarot tidak akan melakukan serah-terima jabatan dengan Anies di Balaikota. Politikus PDIP ini memang mengakhiri masa jabatannya tepat pada Minggu (15/10) kemarin.

Posisi pimpinan DKI sementara diberikan kepada Sekda DKI Saefullah sebagai pelaksana harian (Plh) hingga gubernur baru dilantik sore ini di Istana negara.

Mengenai hal itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan hal ini merupakan tradisi buruk. Menurutnya Djarot harus bisa menerima kenyataan. Ia mengatakan pergantian itu normal dalam kehidupan.

“Nah itu sebenarnya tradisi buruk. Harusnya keberlanjutan itu dijaga,” kata Tjahjo di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (16/10/2017) dilansir dari Detik.

“Ada selamat datang ada yang selamat tinggal dan itu biasa itu. Dalam hidup itu ada yang datang dan ada yang pergi. Itu normal. Ada yang hidup lahir dan mati. Itu hidup,” tutur Tjahjo.

Sementara gubernur DKI terpilih Anies Baswedan menolak berkomentar soal bakal tidak hadirnya Djarot di Balai Kota.

“Nggak ada pendapat. Saya rasa masyarakat Indonesia sudah bisa menilai dengan dewasa. Kita ingin proses demokrasi berjalan dengan baik,” ujar Anies di Lebak Bulus II Dalam, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (16/10/2017).

Anies juga menyampaikan terimakasih kepada Djarot yang memimpin Jakarta di sisa waktu periode jabatan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Djarot sudah mengabdi untuk Jakarta di sisa paruh kemarin, mudah-mudahan pengabdian beliau dicatat sebagai amal saleh dan insyaallah akan ikut membantu membangun Jakarta,” ujar Anies.

Hingga berita ini diturunkan, Prosesi pelantikan gubernur DKI tengah berlangsung di Istana Merdeka. Pelantikan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.