Connect with us

Dunia

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Presiden Republik Niger

Published

on

Presiden Jokowi bersama Presiden Niger Mahamadou Issoufou

Jakarta-GeoSiar.com, Usai melakukan kunjungan daerah ke Sumatera utara, Hari ini Presiden Jokowi telah berada di Jakarta untuk menyambut kunjungan Presiden Niger Mahamadou Issoufou. Ini merupakan kunjungan kenegaraan ke Indonesia untuk pertama kalinya yang dilakukan Presiden Niger.

Pertemuan tersebut menghasilkan dua nota kesepahaman antar kedua negara yaitu bidang pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas, serta pembentukan sidang komisi bersama. Selain itu, pertemuan ini juga membahas mengenai masalah keamanan dan teroris.

Dalam Koferensi pers bersama seusai pertemuan di Istana Merdeka Jakarta, Presiden Jokowi menyatakan senang dapat menerima kunjungan Presiden Issoufou pada Senin ini. “Kunjungan ini sangat historis, merupakan kunjungan pertama Presiden Niger ke Indonesia setelah pembukaan hubungan diplomatik kedua negara enam tahun yang lalu,” jelas Presiden Jokowi.

Sementara itu, Presiden Niger Issoufou mengaku prihatin terkait masalah terorisme yang telah merusak image atau citra agama Islam. “Kunjungan ini juga telah membahas terkait keprihatinan kami yang pertama terkait terorisme sebagaimana saya sampaikan tadi agama kita agama Islam telah dirusaki citrany dengan kebesaran terorisme yang penuh kekerasan dan itu tidak baik untuk image Islam dan negara-negara Muslim,” tutur Issoufou.

Presiden Niger mengajak Indonesia sebagai negara Islam agar dapat menunjukan agama Islam yang moderat dan penuh toleransi. Ia mengatakan, pemerintahannya selama ini telah bekerja sama dengan sejumlah negara tetangga untuk menyerang kelompok-kelompok teroris yang ada, seperti kelompok teroris Boko Haram dan ISIS.

Saya sudah menyampaikan dukungan saya untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, menunjukkan Indonesia miliki peran penting terkuat keadaan dunia, terkait terorisme, jelas Issoufou, saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta,Senin (16/10).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dukungan Niger dalam pencalonan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020.”Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan Niger untuk Indonesia menjadi Anggota DK PBB 2019-2020″ ujar Jokowi.

Sumber : Antara