Connect with us

Nasional

Ini Janji-janji Anies-Sandi Bila Jabat Gubernur DKI

Published

on

Anies-Sandi, Pasangan Gubernur dan Wagub DKI terpilih.

Jakarta-GeoSiar.com, Sore Ini, Senin 16 Oktober 2017 Gubernur DKI terpilih Anies-Sandi akan resmi dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara. Anies-Sandi akan resmi menjadi orang nomor satu di DKI setelah memenangi Pilgub DKI 2017 lalu, usai mengalahkan Pasangan Ahok-Djarot di putaran kedua.

Anies dan Sandi akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo pukul 16.00 WIB. Usai pelantikan, keduanya dijadwalkan akan melangsungkan acara selamatan bersama warga Jakarta di Gedung Balai Kota, Jakarta. Jelang Pelantikan nanti, banyak harapan yang disematkan kepada pemimpin baru Ibukota tersebut. Termasuk merealisasikan Janji-janji yang pernah diucapkan ketika masa kampanye lalu.

Berikut ini adalah beberapa janji Anies dan Sandiaga yang pernah mereka lontarkan semasa kampanye, di berbagai bidang mulai dari ekonomi, politik, hingga sosial. Dilansir dari BBC Indonesia.

  1. Menyediakan 200 ribu lapangan kerja baru. Termasuk membangun 44 pos pengembangan kewirausahaan warga guna menghasilkan 200 ribu pewirausaha baru lewat program OK OCE (One Kecamatan One Center for Enterpreneur).
  2. Menghentikan reklamasi pantai utara Jakarta guna menjaga kelestarian lingkungan hidup serta melindungi nelayan dan masyarakat pesisir Jakarta.
  3. Menyediakan dan memberi Kredit Usaha Perempuan Mandiri untuk memberdayakan perempuan di Jakarta. Termasuk program yang memuliakan perempuan lainnya seperti fasilitas menyusui, tempat penitipan anak, hingga cuti khusus bagi suami yang istrinya melahirkan.
  4. Menambah manfaat Kartu Jakarta Pintar. Salah satunya penerima Kartu Indonesia Pintar bisa juga mendapatkan bantuan dari KJP sehingga namanya menjadi KJP Plus. Perluasan manfaat juga dijanjikan di Kartu Jakarta Sehat, sehingga profesi seperti guru mengaji, pengajar sekolah Minggu, penjaga rumah ibadah dan lainnya bisa merasakan.
  5. Membangun dan menjadikan Kepulauan Seribu sebagai Kepulauan Pembangunan Mandiri guna mengikis kesenjangan dengan Jakarta daratan. Caranya dengan membangun infrastruktur, lapangan kerja, fasilitas pendidikan dan kesehatan, serta pusat konservasi ekologi.
  6. Pembelian rumah tanpa uang muka atau DP nol Rupiah. Skemanya adalah dengan meminta calon pemilik menabung selama 6 bulan di Bank DKI yang mana nanti ini dijadikan pengganti DP yang nilainya 10 persen nilai rumah.
  7. Menghentikan penggusuran karena tidak manusiawi dan membuat warga Jakarta menderita. Yang akan dilakukan adalah menata kembali untuk merapikan lingkungan sekitar pemukiman.
  8. Menutup tempat prostitusi Alexis di Jakarta Utara. Janji itu disampaikan Anies dalam sebuah debat dengan Ahok dengan menyebut Ahok tidak berani menutup tempat hiburan yang juga jadi tempat peredaran narkotika itu.