Connect with us

Kesehatan

5 Manfaat Jitu Cium Lutut Sebelum Terlelap

Published

on

Gerakan cium lutut sebelum tidur dapat menyehatkan tubuh

Medan-GeoSiar.com, Gerakan mencium lutut menjelang waktu tidur sangat baik untuk kesehatan anda. Setelah bekerja dan beraktivitas seharian tentu anda merasakan sakit dan nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Untuk mencegah dan mengatasinya, anda bisa melakukan gerakan mencium lutut dengan hitungan 2 kali putaran.

Selain itu, ada banyak manfaat yang lainnya dari mencium lutut sebelum tidur yang berhasil di rangkum dari berbagai sumber:

1. Memudahkan untuk tidur

Bagi anda yang memiliki masalah saat hendak memejamkan mata alias sulit tidur pada malam hari, tentu dapat mulai menerapkan gerakan cium lutut. Gerakan ini sangat sederhana dan dapat diawali dengan sikap duduk dengan kedua kaki lurus ke depan, seperti membentuk sudut 90 derajat, kemudian bungkukkan badan anda hingga wajah mencium kedua buah lutut.

Gerakan mencium lutut ini mampu menenangkan semua syaraf yang sudah letih sepanjang beraktivitas diluar. Kalau malam menjelang tidur, anda seharusnya melakukan postur mencium-cium lutut.

Anda bisa mengatur sendiri durasi untuk melakukan gerakan ini. Setelah itu, atur nafas anda sambil menenangkan pikiran dan mengeluarkan semua pikiran dan perasaan yang mengganjal.

2. Menguatkan otot perut

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari melakukan gerakan cium lutut ini adalah menguatkan otot perut. Otot perut yang dilatih dengan baik dengan cium lutut akan menjadikan otot perut semakin kuat dan tidak mudah terkena kram. Lakukanlah gerakan ini sesuai dengan kemampuan anda.

3. Mencegah varises

Varises adalah suatu penyakit yang dapat menyebabkan otot-otot menjadi besar dan tentunya sangat mempengaruhi penampilan anda baik sebagai pria maupun wanita. Dengan gerakan cium lutut yang anda lakukan secara rutin sebelum tidur, tentu dapat mencegah munculnya varises.

Varises atau pembesaran ukuran otot ini terjadi karena salah satunya orang tersebut tidak digerakkan sehingga membuat otot semakin membesar dan kendur.

Nah untuk mencegah penyakit ini anda harus mulai membiasakan cium lutut walaupun hanya beberapa set.

4. Melenturkan otot-otot pinggang

Otot pinggang anda yang terasa sakit tentu akan mudah sekali kambuh dan menyebabkan nyeri setelah seharian beraktivitas. Walaupun anda sudah sangat lelah, sisihkan waktu anda untuk melakukan cium lutut untuk menanganinya. Gerakan ini dapat melenturkan otot dibagian pinggang sehingga anda terhindar dari sakit dan nyeri pinggang.

Lakukanlah cium lutut secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Jika anda merasa kesulitan dalam melakukannya, mintalah bantuan seorang pelatih untuk melatih anda melakukan gerakan ini agar mencapai hasil yang maksimal.

5. Menyembuhkan kram pada kaki

Anda tentu sangat mudah terkena kram ketika selesai beraktivitas seharian. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan anda yang sangat jarang melakukan peregangan.

Peregangan selama ini selalu digunakan sebagai salah satu jenis pemanasan yang dilakukan sebelum olahraga, namun dalam hal ini anda bisa  melakukannya sebelum tidur.

Peregangan sangat bermanfaat bagi tubuh karena bisa membuat tubuh menjadi lebih lentur dan bugar. Peregangan yang dilakukan juga akan mengurangi adanya cedera otot dan pemulihan otot yang lebih cepat bagi anda yang sedang mengalami cedera.

Anda dapat mencoba gerakan sederhana ini jika anda ingin meredakan rasa kram yang sangat mengganggu agar anda bisa beristirahat dengan tenang pada malam hari. Anda tentu tidak ingin rasa kram pada kaki anda mengganggu waktu istirahat anda yang sangat berharga, maka sisihkan waktu untuk cium lutut sebelum tidur.

Wahhh ternyata banyak ya manfaat mencium lutut sebelum tidur. Anda bisa saja mencobanya walaupun anda sudah sangat lelah setelah seharian beraktivitas. Cukup sisihkan 5 menit untuk merenggangkan badan anda yang letih dan nyeri dengan cium lutut