Connect with us

Kesehatan

5 Manfaat Ikan Bagi Tubuh

Published

on

Manfaat ikan segar yang baik bagi kesehatan tubuh

Medan-GeoSiar.com, Ikan adalah salah satu makanan sehat dan bergizi untuk tubuh. Ikan juga dapat dijangkau oleh semua kalangan dan juga menjadi makanan yang sangat lezat untuk menu makan pagi siang ataupun malam.

Ikan mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium, zat besi, magnesium, protein, kalori, lemak, potassium, seng, vitamin C, dan vitamin D. Selain itu, ikan juga merupakan sumber omega-3 paling baik diantara makanan yang lainnya. Tidak hanya baik untuk tubuh, Omega-3 juga merupakan sumber nutrisi yang penting dalam pertumbuhan otak.

Berikut ini adalah 5 manfaat makan ikan yang berasal dari penelitian ilmiah yang berhasil di rangkum dari beberapa sumber:

1. Menjaga fungsi Otak dari penuaan.

Semakin bertambahnya usia seseorang tentu dapat menurunkan fungsi kerja otaknya secara tidak langsung. Gangguan pada otak dapat mengakibatkan masalah seperti daya ingat menurun, bahkan dapat menyebabkan kelumpuhan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi ikan lebih kecil kemungkinannya terkena gangguan pada otak seperti pikun.

2. Mencegah depresi.

Tahukah anda, bahwa kandungan ikan dapat mencegah depresi dan membuat perasaan lebih bahagia ketika mengonsumsinya. Depresi merupakan masalah mental dan psikis yang dapat dialami semua orang dan dapat mengganggu aktifitas kehidupan pribadinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 sangat baik sebagai anti-depressan.

3. Ikan dapat mencegah depresi dan membuat perasaan lebih bahagia

Depresi merupakan masalah mental dan psikis yang dapat dialami semua orang dan dapat mengganggu aktifitas kehidupan pribadinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 sangat baik sebagai anti-depressan.

4. Makan ikan dapat menjaga kesehatan mata

Salah satu penyakit yang disebut Degenerasi Makular merupakan salah satu penyebab gangguan pengelihatan dan penyebab kebutaan pada usia di atas 50 tahun. Omega-3 pada ikan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu penelitian menunjukkan orang yang sering menkonsumsi ikan 42% lebih kecil kemungkinan terkena penyakit mata tersebut.

5. Makan ikan dapat meningkatkan kualitas tidur

Susah tidur memang salah satu gangguan yang banyak dialami hampir di seluruh dunia. Penyebabnya pun bermacam-macam tetapu beberapa penelitian diyakini bahwa kekurangan vitamin D merupakan salah satu penyebabnya. Penelitian pernah dilakukan terhadap 95 laki-laki yang mengkonsumsi ikan salmon 3 kali dalam seminggu selama 6 bulan menunjukkan bahwa dapat memperbaiki kualitas tidur mereka.