Connect with us

Nasional

5 Manfaat Mujarab Teh Hijau Bagi Kesehatan Anda

Published

on

Teh Hijau Alami Cukup di seduh dan dapatkan khasiatnya

Medan-GeoSiar.com, Tahukah anda bahwa teh hijau adalah minuman yang sangat baik untuk kesehatan karena rendah kandungan kafein dan mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol.

Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Teh hijau berasal dari daun tanaman Camellia sinensis yang penggunaannya hanya cukup dikukus, sehingga mencegah hilangnya kandungan katekin.

Teh hijau kini sangat populer di seluruh dunia, berbagai makanan, minuman, suplemen makanan kesehatan serta kosmetik sekarang banyak dibuat dari ekstrak teh hijau termasuk sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.

Dilansir dari beberapa sumber, dari hasil penelitian ilmiah di seluruh dunia menemukan bahwa yang minum teh hijau secara teratur lebih rendah memiliki resiko menderita sakit jantung dan bahkan resiko kanker.

Selain itu, ada beberapa manfaat yang dapat anda peroleh ketika rajin mengkonsumsi teh hijau setiap hari:

1. Menyegarkan nafas

Teh hijau sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit pada bagian gigi anda. Bakteri juga merupakan penyebab utama bau mulut yang menurunkan tingkat percaya diri anda saat tampil di depan umum atau berinteraksi dengan yang lainnya.

Mencuci mulut anda dengan konsentrasi tinggi teh hijau dapat menyegarkan mulut anda secara langsung. Teh hijau juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi. Anda juga dapat membuat pasta gigi dari cairan daun teh hijau dan dicampur dengan satu sendok teh baking soda.

Hal ini tidak hanya akan membantu mengurangi peradangan gusi, tetapi juga akan mencegah pertumbuhan plak pada gigi anda.

2. Mengurangi Kolesterol

Jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh maka tentunya dapat mengganggu anda dalam beraktivitas. Selain itu, kadar kolestrol yang tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Teh hijau mengandung tanin yang telah dikenal menurunkan kolesterol secara alami dalam tubuh. Tanin membantu mengurangi kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang merupakan koletrol jahat di dalam tubuh. Kolestrol ini menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Studi ilmiah juga telah menunjukkan bahwa katekin akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga membantu mengurangi masalah kolesterol tinggi. Selain itu anda juga harus menghindari makanan yang berkolesterol tinggi selain minum teh hijau secara teratur.

3. Menyehatkan Kulit

Sejumlah penelitian yang telah dilakukan mengambil kesimpulan positif yang berkaitan dengan manfaat teh hijau untuk kulit. Anti oksi dan juga bermanfaat bagi kulit, dan itu banyak terdapat dalam teh hijau.

Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya, dan manfaat ini bisa diperoleh dari meminumnya atau penggunaan topikal.

Formulasi kosmetik yang mengandung teh hijau adalah pilihan yang baik, karena hal ini akan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Polifenol dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Campur 100 gram teh hijau dan setengah liter air, dan diamkan selama 30-40 menit pada suhu kamar.

Setelah itu saring cairan dan simpan di dalam lemari es. Anda dapat menggunakan campuran ini untuk menyegarkan wajah setelah melewati hari yang panjang, mengobati ruam ringan, dan mengobati luka bekas panas matahari. Ini juga akan membantu Anda untuk membersihkan jerawat dan mencegah datang kembali.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Teh hijau Jepang membantu mencegah kerusakan jantung dan stroke pada orang yang memiliki hipertensi. Tentunya dengan menurunkan kadar kolesterol tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik dalam tubuh dapat anda tempuh dengan mengkonsumi teh hijau.

Selain itu, teh hak istimewa ini adalah untuk mengurangi angka kematian akibat kerusakan jantung dengan mempercepat proses pemulihan sel-sel jantung.

5. Memperkuat Tulang

Selain cocok untuk penyakit sendi dan tulang, teh hijau juga diyakini oleh para ahli sebagai alternatif herbal untuk memperkuat dan mempertahankan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan tingginya kandungan fluoride yang ditemukan dalam teh hijau yang membantu menjaga kepadatan tulang setiap hari.

Wah,, ternyata banyak ya manfaat dari mengkonsumsi teh hijau untuk kesehatan. Coba yuk, anda bisa menyeduhnya saat pagi hari setelah makan, saat siang hari setelah makan siang dan juga sore hari saat santai.