Connect with us

Daerah

Museum Pusaka Batak Toba dan Pusat Studi Budaya Batak Akan Dibangun Di Samosir

Published

on

Gereja Katolik Pangururan, di lokasi itu akan dibangun Museum Pusaka Batak

Menyambut hari Hari Museum Nasional yang jatuh pada 12 Oktober ini, Pemerintah Kabupaten Samosir me-launching Museum Pusaka Batak Toba dan Pusat Studi Budaya Batak. Launching diadakan dengan tema “Museumku Merajut Kerukunan Hidup Berbangsa”. Museum ini rencananya akan menjadi museum pusaka pertama yang ada di Kabupaten Samosir.

Pembangunan Museum Pusaka Batak Toba dan Pusat Studi Budaya Batak rencananya akan dibangun di ibukota Kabupaten Samosir, Pangururan. Tepat berada di Gereja Katolik Inkulturatif St.Michael, Paroki Pangururan, Samosir, Sumatra Utara.

Launching pembangungan Museum ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Kamis (12/10/2017). Dihadiri Uskup Agung Medan Anicetus Sinaga, Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Koramil Pangururan, para Pastor se-Kabupaten Samosir.

“Museum ini akan dibuka setiap hari untuk umum dan dibangun dibawah (lantai dasar) Gereja Katolik Inkulturatif Paroki Pangururan,” jelas Rapidin dilansir dari Medanbisnisdaily.com.

Rapidin menyampaikan, pembangunan museum itu merupakan kerja sama antara Keuskupan Agung Medan dengan Pemkab Samosir dengan mendatangkan ahli dari Italia.Pembangunan dan pengembangannya akan segera dimulai, dan program prioritasnya ke depan yaitu untuk menarik seluruh peninggalan budaya Batak yang ada di Belanda.

Pembangunan Museum Batak di Samosir juga diharapkan mampu menarik wisatawan berkunjung ke Samosir. Selain itu menjadi salah satu objek wisata yang berhubungan erat dengan Geopark Kaldera Toba.

“Museum ini kita harapkan menjadi salah satu objek wisata yang berhubungan erat dengan Geopark Kaldera Toba,” tegas Rapidin.

Seperti diketahui Kabupaten Samosir yang dikelilingi Danau Toba ini merupakan salah satu kawasan otorita Danau Toba yang diharapkan menjadi destinasi wisata baru yang di Indonesia. Kawasan ini juga diharapkan sebagai objek pemasukan devisa negara. Oleh karena itu perbaikan dan pembangunan tempat wisata baru terus di gencarkan oleh pemerintah.

Museum Pusaka di wilayah otorita Danau Toba juga ada di Kabupaten Karo. Museum itu terletak di Berastagi, bernama Museum Pusaka Batak Karo.