Connect with us

Olahraga

Menanti Kiprah Islandia Setelah Lolos Ke Piala Dunia

Published

on

ekspresi kegembiraan pemain Islandia usai dipastikan melaju ke Piala Dunia 2018

Timnas Islandia menjadi negara dengan populasi penduduk terkecil yang pernah lolos ke Piala Dunia. Skuat arahan Heimir Hallgrimsson berhak tampil di Rusia tahun depan usai mengalahkan Kosovo 2-0, Senin (9/10). Dua gol dicetak Gylfi Sigurdsson dan Johann Gudmundsson cukup untuk mengantar Islandia meraih tiga poin atas tim juru kunci Kosovo di Laugardalsvoellur.

Dengan kemenangan tersebut, Islandia mengunci status sebagai juara grup I kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa. Unggul atas Kroasia di urutan kedua. Dengan jumlah penduduk hanya 330.000 jiwa, hal ini tentu pencapaian yang luar biasa bagi negara yang berada sangat dekat di lingkaran Kutub Utara ini. Menurut BBC, Islandia menjadi satu-satunya negara dengan populasi di bawah 1 juta jiwa yang bisa lolos ke Piala Dunia. Islandia pun menjadi negara terkecil yang tampil di pesta sepakbola terakbar itu.

Prestasi Luar Biasa Islandia sudah seharusnya menjadi inspirasi negara-negara lain yang belum mencicip gelaran Piala Dunia. Bagaimana tidak, pasalnya pada tahun 2012 lalu, Islandia hanya berada di peringkay 131 FIFA. Islandia selalu menjadi lumbung gol bagi negara-negara top Eropa. Namun, berkat sistem pengelolaan sepak bola yang tepat, Islandia perlahan berubah menjadi salah satu kuda hitam Eropa.

Seperti dilansir AS, ini merupakan kali pertama Islandia lolos ke Piala Dunia. Kejutan ini hanya berselang kurang dari 18 bulan setelah Aron Gunnarsson dan kawan-kawan berhasil menyingkirkan raksasa sepak bola Eropa, Inggris pada Piala Eropa 2016 lalu.

 

Para penikmat sepakbola tentu menanti kelanjutan Islandia di Piala Dunia di Rusia 2018 mendatang. Akankah tercipta kejutan-kejutan baru yang dibuat negara es ini?