Connect with us

Nasional

Anies Enggan Berkomentar terkait Pencabutan Moratorium Reklamasi Teluk Jakarta

Published

on

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan telah mencabut SK moratorium proyek reklamasi teluk jakarta, Kamis (5/10/2017) pekan lalu. Dengan adanya surat tersebut, maka keputusan penghentian proyek reklamasi yang ditetapkan Menko Kemaritiman Rizal Ramli tahun 2016 lalu akan dibatalkan. Proyek reklamasi teluk Jakarta akan dilanjutkan.

Ditanya mengetahui hal itu, Gubernur DKI terpilih Anis Baswedan masih enggan untuk berkomentar terkait moratorium reklamasi Teluk Jakarta.Dia hanya menyebut programnya masih sama dengan janjinya pada pilkada lalu.

“Lho kok ditanya. Anda lihat program kita, ada yang berubah apa di program?” ujar Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017) yang dilansir dari Kompas.com.

Anies menuturkan, dia baru akan berkomentar soal reklamasi setelah dilantik dan resmi menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta. Adapun pelantikannya bersama wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan digelar pada Senin, 16 Oktober 2017.

“Saya nanggapinnya hari Senin aja nanti. No comment. Reklamasi, no comment,” ucap Anies menegaskan.
Beberapa waktu lalu, Sandi sudah menyambangi Luhut di kantor Kemenko Kemaritiman untuk membahas mengenai reklamasi Teluk Jakarta. Dalam pertemuan itu, Luhut meminta tak ada keributan soal proyek reklamasi.

Luhut menegaskan, Anies-Sandi tak dapat membatalkan pelaksanaan reklamasi. Karena hal itu disebabkan kendali dan wewenang reklamasi Teluk Jakarta berada di tangan pemerintah pusat. Pihaknya pun mengaku telah melakukan kajian-kajian mendalam terkait moratorium Reklamasi Teluk Jakarta.

Seperti yang diketahui pada Pilkada DKI Jakarta lalu, Anies-Sandi berjanji menghentikan proyek reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta. Dalam beberapa kesempatan selama masa kampanye, Anies sering mengungkapkan niatnya menghentikan reklamasi dan menyelamatkan nelayan di Jakarta Utara.

“Mengapa kita menolak reklamasi, karena memberikan dampak buruk kepada nelayan kita dan memberikan dampak kepada pengelolan lingkungan,” kata Anies saat debat putaran kedua Pilkada DKI 2017 pada 12 April 2017.