Connect with us

Lifestyle

7 Resep Ampuh Atasi Nyeri Punggung

Published

on

Sakit punggung yang bisa diatasi dengan cara yang sangat sederhana

Medan-GeoSiar.com, Duduk terlalu lama dapat menyebabkan rasa nyeri pada punggung dan tentunya menghambat pekerjaan anda. Walaupun demikian, jangan khawatir karena nyeri punggung sering dapat disembuhkan dengan mudah tanpa operasi atau tergantung pada konsumsi obat-obatan.

Dilansir dari beberapa sumber, sejatinya 60 persen penderita nyeri punggung akut dapat bekerja kembali dalam waktu seminggu, dan 90 persen penderita dapat bekerja kembali setelah enam pekan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, maka anda bisa mencegahnya dengan mempraktekkan beberapa langkah sederhana di bawah ini:

1. Peregangan setiap pagi

Awalilah harimu dengan melakukan peregangan sewaktu masih berada di tempat tidur.

Anda telah berbaring lemas selama delapan jam atau bahkan lebih, maka jika anda secara tiba-tiba bangkit berdiri, anda dapat mengalami cedera punggung. Oleh karena itu, sebelum bangun dan berenjak dari tempat tidur, pelan-pelan regangkan lengan anda ke atas kepala, kemudian tarik lutut anda ke arah dada secara bergantian.

Kemudian anda juga bisa melakukan gerakan kombinasi antara gerakan statis (tetap) dan dinamis (berubah) dengan hitungan 2 x 8 setiap gerakan dimulai dari kepala, leher, tangan, pinggul hingga kaki.

Apabila anda siap untuk duduk, bergulirlah ke sisi tempat tidur dan gunakan lengan anda untuk membantu mengangkat tubuh anda. Setelah berdiri letakkan tangan anda pada pantat lalu pekan-pelan condongkan tubuh ke belakang untuk meregangkan tulang punggung.

2. Istirahatkan punggung sejenak

Jika anda duduk dalam waktu yang lama di dalam pekerjaan anda, maka akan memberikan tekanan lebih banyak pada punggung dibandingkan ketika anda berdiri.

Apalagi jika anda harus duduk dengan menatap layar atau beraktivitas di meja untuk waktu yang lama, tentu menyebabkan nyeri punggung yang sangat luar biasa.

Hal yang sama juga akan terjadi jika anda harus menempuh perjalanan jauh dengan pesawat, kereta api, atau mobil yang memakan waktu lama maka sebaiknya anda sesering mungkin untuk mengubah posisi duduk untuk merilekskan punggung.

Anda juga dapat memberikan istirahat pada punggung dengan berdiri dan berjalan-jalan kira-kira setiap satu jam sekali.

3. Sempatkan diri berjalan-jalan

Ditengah rutinitas anda yang sangat sibuk, maka berjalan-jalan sekitar 1 atau 5 menit di lokasi tempat anda bekerja akan dapat menjaga kesehatan punggung, karena dengan berjalan anda membuat seluruh tubuh tetap bugar.

Kegiatan ini memperkuat otot-otot yang berfungsi membentuk pantat, kaki, punggung, dan perut. Berjalan-jalan yang agak cepat juga membantu tubuh mengeluarkan endorfin, hormon yang berfungsi meredakan nyeri.

4. Berlutut, jangan membungkuk

Ketika anda ingin mengambil benda yang terjatuh atau apapun yang posisinya lebih rendah dari anda maka usahakan untuk menghindari posisi membungkuk setinggi pinggang. Hal tersebut akan menciptakan ketegangan pada punggung dan memperbesar risiko cedera.

Sebagai ganti, gunakan alat pemegang yang panjang dan berlutut menggunakan bantalan atau pelindung lutut ketika anda berkebun atau melakukan kegiatan-kegiatan dengan tinggi kurang dari selutut.

5. Gunakan kaki untuk bekerja

Apabila anda sedang mengangkat sesuatu-entah beratnya 3 kilogram atau 25 kilogram-berjongkoklah, usahakan agar punggung tetap tegak kemudian angkat beban itu menggunakan tenaga kaki. Taksir beban yang akan anda angkat.

6. Condongkan punggung ketika mengangkat beban

Apabila anda tidak menemukan seseorang untuk membantu mengangkat beban berat, cobalah cara berikut sebagai langkah terakhir: Apabila benda itu terletak setinggi meja, condongkan tubuh anda ke arah benda itu untuk menarik atau mengangkatnya.

Anda juga dapat menggunakan cara ini untuk mengangkat jendela geser. Posisi ini mengurangi tekanan pada tulang punggung anda karena anda terpaksa menggunakan kaki sebagai penumpu.

7. Berdiri atau duduk tegak

Mempertahankan sikap tubuh yang benar adalah cara terbaik untuk mencegah nyeri punggung. Untuk memperbaiki sikap tubuh anda, cobalah yang berikut ini.

Berdiri merapat pada dinding atau duduk di kursi makan, pastikan bawwa bahu dan pantat Anda menyentuh dinding atau sandaran kursi. Selipkan lengan Anda ke ruang antara punggung sebelah bawah dan dinding atau sandaran kursi.

Apabila masih ada bagian di mana tangan Anda tidak bersentuhan baik dengan punggung maupun dinding atau sandaran kursi, angkat pinggul Anda sehingga ruang berlebih itu hilang. Pertahankan posisi itu sekitar 20 hitungan sambil memandang ke cermin untuk melihat sikap tubuh Anda sendiri.

Nah, telah ada 7 langkah yang bisa anda lakukan agar punggung anda terhindar dari rasa sakit dan nyeri. Pertahankan sikap tubuh seperti itu sampai petang. Kerjakan latihan ini setiap hari selama tiga pekan sampai sikap tubuh yang benar itu menjadi kebiasaan.