Connect with us

Lifestyle

5 Manfaat Mengejutkan Buah Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Published

on

Tomat segar yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh

Medan-GeoSiar.com, Ada banyak manfaat yang dihasilkan dari mengkonsumsi buah tomat. Tomat memiliki tingkat kalori yang rendah, yaitu hanya 10 kilokalori per buah. Hal ini tentu membuat anda tidak perlu was-was saat menikmati segarnya jus tomat, bahkan jika di konsumsi setiap hari.
Berikut manfaat tomat yang mungkin belum pernah anda dengar:

1. Mencegah kanker prostat
Berdasarkan penelitian, likopen sangat baik untuk pria. Mereka yang mengonsumsi tomat dan produk olahan tomat diperkirakan memiliki risiko kanker prostat lebih rendah.

Yang patut dicatat adalah mengonsumsi tomat yang sudah diolah lebih baik daripada mengonsumsi secara mentah. Likopen dari tomat yang sudah diolah ataupun yang sudah di jus ternyata lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan dengan likopen yang berasal dari tomat mentah.

2. Menurunkan kolesterol

Jus tomat diduga mampu mengurangi kolesterol jahat sebanyak 10 persen. Syaratnya cukup dengan mengonsumsi 25 miligram likopen per hari. Hanya saja karena studi ini masih terbilang baru, maka hasilnya pun masih membutuhkan penelitian lebih mendalam.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat tomat pada tekanan darah diduga baru bisa terasa setelah mengonsumsi tomat secara teratur, setidaknya selama delapan minggu. Namun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika anda menderita hipertensi, tidak ada salahnya mengonsumsi tomat secara teratur. Namun jangan menggantikan obat anti-hipertensi anda dengan tomat.

4. Mengurangi risiko stroke

Sebuah studi di Finlandia menyebutkan bahwa mengonsumsi banyak likopen dari tomat sangat terkait dengan penurunan risiko stroke hingga 65 persen.

5. Membentuk otot
Pria bertubuh kurus akan sulit mendapat perhatian kaum hawa, itulah mengapa banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak biaya hanya untuk membentuk tubuh menjadi ideal posturnya.

Anda wajib tahu bahwa selain melatih tubuh dengan mengangkat beban, ada hal lain yang wajib dilakukan, yaitu istirahat. Disaat tidur, otot yang sudah dirusak akan disusun kembali dengan bentuk yang lebih sempurna. Anda harus tahu juga bahwa kesempurnaan hasil bentuk dari otot ini juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan.

Ada makanan penunjang pembentukan otot, dan salah satunya adalah buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang kaya protein, mudah didapat dengan cara pengolahan yang mudah juga. Jadi, sebelum dan sesudah latihan, tidak ada salahnya Anda makan sepotong buah tomat guna memperbesar peluang sukses pembentukan postur atletis.