Connect with us

Lifestyle

Kunyah Bawang Putih, Musnahkan 6 Penyakit Sekaligus!

Published

on

Medan-GeoSiar.com, Bawang putih termasuk keluarga umbi-umbian. Bawang putih biasanay selalu digunakan sebagai bumbu masakan yang menyempurnakan cita rasa masakan.

Ternyata ada manfaat lain dibalik fungsinya sebagai bumbu dapur. Bawang putih diketahui memiliki berbagai kemampuan untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Obat herbal ini memiliki beberapa manfaat saat dimakan secara mentah. Berikut beberapa daftar penyakit yang berhasil disembuhkan lewat kunyahan dari bawang putih:

1. Menurunkan risiko kanker.

Bawang putih mentah kaya akan kandungan senyawa sulfur bioaktif yang mampu membantu dalam menurunkan resiko kanker yang sebenarnya benihnya sudah ada dalam tubuh setiap manusia.

Bawang putih layak disebut sebagai herbal/tanaman anti kanker, kandungan sulfida alil terdapat dalam bawang putih yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker.

Salah satu bukti nyata yang ditemukan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan.

Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara.

Namun perlu anda ingat bahwa bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu kehebatan lain dari herbal/bumbu masakan paling terkenal di Indonesia ini adalah kemampuannya dalam menurunkan kolesterol jahat.

Ia mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa ia dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%.

Jangan khawatir dengan HDL (kolesterol baik) anda, walaupun bawang putih ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL, sehingga anda akan tetap sehat.

Produksi insulin dapat dipacu bengan mengkonsumsi bawang putih, hal ini sama seperti manfaat kopi yang dikonsumsi dengan bijak. Peningkatan insulin ini mengurangi kadar gula dalam darah.

3. Mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan hipertensi

Dikutip dari WebMD, ternyata manfaat bawang putih yang sudah teruji ampuh untuk menurunkan kadar darah tinggi.

Telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%.

Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.

Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

4. Sumber Antivirus/anti bakteri/ Antioksidan Yang sangat Ampuh

Khasiat paling populer dari bawang putih adalah sumber antioksi dan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh.

Bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, dan virus serta cacing dalam tubuh.Meredakan infeksi, radang, dan pilek.

5. Menghilangkan Sakit Gigi Sangat Ampuh

Bawang putih terkadang dapat bermanfaat pada saat kritis atau mendesak ketika anda mengalami sakit gigi.

Sakit gigi secara umum disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada gigi anda.

Sifat anti virus serta bakteri yang ada pada bawang putih dapat membasmi dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.

Selain itu ia juga memiliki kandungan analgesik yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.

6. Bawang Putih Dapat Memangkas Berat Badan

Berbagai riset telah menemukan bahwa zat anti inflamasi yang terdapat di bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita.

Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi.

Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .