Connect with us

Kesehatan

10 Cara Menyelamatkan Mata Dari Kebutaan, Ke 7 Sangat Ampuh!

Published

on

Medan-GeoSiar.com, Mata merupakan salah satu panca indera yang paling penting dalam kehidupan manusia. Dengan mata, manusia bisa menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan yang begitu luar biasa.

Walaupun mata termasuk dalam lima indera terpenting dalam tubuh manusiaa, namun sering sekali manusia lupa untuk merawat kesehatan mata.

Mengabaikan beberapa hal tertentu terkadang membawa manusia pada penyakit yang tidak mampu lagi disembuhkan dan berujung pada kebutaan.

Selain untuk menikmati ciptaan Tuhan, tanpa mata, manusia juga tidak bisa melihat keindahan dunia dan wajah orang-orang terdekat yang disayangi.

Maka dari itu, agar mata Anda tetap sehat pemeliharaan khusus harus dilakukan mulai dari sekarang. Memelihara kesehatan mata dengan baik adalah kunci nyata mensyukuri ciptaanNya.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah sepuluh cara ampuh dalam merawat kesehatan mata:

1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran

Wortel sarat akan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Itu dikarenakan beta karoten merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

Adapun buah-buahan dan sayuran lain yang juga mengandung vitamin A yang tinggi selain wortel adalah sayur bayam, kangkung, brokoli, alpukat dan bluberry.

2. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Memakai lensa kontak dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata.

Jangan memakai kacamata terlalu lama karena akan membuat mata menjadi lemah dan mengganggu sistem syaraf.

Jikalau Anda terpaksa menggunakan lensa kontak, maka Anda harus memperhatikan perawatan lensa kontak setiap hari sebelum dan sesudah pemakaian.

Jika tidak merawat kebersihan lensa kontak dengan baik, maka Anda akan lebih berisiko mengalami infeksi dan gangguan pada mata lainnya.

3. Kurangi penggunaan tetes mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata adalah salah satu upaya penyelamatan mata yang efektif.

Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun lebih baik meminimumkan pemakaiannya., sebab jika berlebihan, akan dapat mengakibatkan kerusakan pada mata dan tentunya mengganggu kesehatan Anda.

4. Kompres Mata

Jangan lupa untuk senantiasa mengompres mata anda setelah melakukan aktivitas. Tidak perlu biaya yang besar untuk melakukannya secara rutin. Anda dapat menggunakan bahan alami dan rasakan khasiat alaminya secara langsung.

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda yang lelah bekerja seharian. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur di malam hari untuk mencegah pembengkakan pada mata.

Selain itu, Anda juga bisa mengompres dengan menggunakan sisa kantong teh yang telah Anda gunakan sebelumnya. Anda cukup menempelkannya diatas kedua mata, setelah Anda meniriskannya, lalu tunggu selama kurang lebih 10 menit.

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam pelindung UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Duduk berlama-lama didepan computer memang mengasyikkan, baik itu memang sebagai sebuah pekerjaan atau hanya sekedar mengisi waktu luang.
Tidak jarang kita menyadari bahwa telah menghabiskan waktu selama berjam-jam tanpa istirahat. Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer.

Jika tidak maka mata anda lelah, berair, pedih dan penglihatan anda akan terganggu. Monitor computer ternyata menghasilkan beberapa jenis radiasi, yang kesemuanya tidak mampu diderai oleh panca indera kita.
Olehkarena itu, jangan biasakan untuk berada terlalu lama di depan layar komputer.

7. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali.
Duduklah, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

8. Kenakan kacamata di saat yang tepat

Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya. Selain itu, kacamata hitam dapat sanagt membantu dalam mengurangi jumlah cahaya yang masuk kedalam mata, maka sebaiknya gunakanlah kacamata saa berada dibawah cahaya matahari ataupun di ruangan yang pencahayaannya sangat banyak.

9. Jangan membaca dalam cahaya redup

Untuk menjaga kesehatan mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

10. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

Jika cahaya berlebihan hal ini bisa menimbulkan kerusakan dan kelelahan pada mata Anda.

Bahkan, jika terlalu berlebihan cahaya pun bisa mengakibatkan kebutaan.

Inilah sepuluh cara untuk menjaga kesehatan mata. Selamat mencoba dan mulailah perawatan mata Anda dari langkah sederhana yang lebih pasti.  Tentuya lebih baik mencegah daripada mengobati!