Connect with us

Lifestyle

Tips Cepat Hamil Pengantin Muda

Published

on

Medan-GeoSiar.com Memiliki momongan tentunya menjadi dambaan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Terkhusus untuk pasangan yang baru membina bahtera rumah tangga tentunya ingin sesegera mungkin memiliki momongan yang menjadi sumber kebahagiaan pernikahan, apalagi jika memiliki keturunan dari darah daging sendiri akan menambah keceriaan di dalam keluarga.

Tidak sedikit yang mengusahakan berbagai cara apapun agar mampu mewujudkannya. Berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar membuahkan hasil yang diinginkan:

1. Cek HSG (Hysterosalpingogram)
Mungkin hal ini terdengar asing di telinga Anda. HSG atau hysterosalpingogram adalah sebuah tes X-Ray untuk melihat ada tidaknya penyumbatan di dalam saluran tuba falopi. Dengan menggunakan cairan kontras yang dimasukkan ke sebuah pipa yang ditempatkan melalui vagina menuju uterus, dan kemudian cairan tersebut akan tumpah ke dalam saluran tuba falopi.

X-Ray kemudian di gunakan untuk mencari tahu ada tidaknya luka atau bentuk yang tidak normal dari saluran tuba falopi dan uterus, termasuk penyumbatan saluran tuba. Tes X-Ray ini adalah tes utama untuk menentukan ada tidaknya penyumbatan saluran tuba di tubuh Anda. Jika tidak ada penyumbatan maka artinya Anda bisa mengandung seorang anak.
Cek sperma

2. Cek Sperma
Pengecekan sperma sejak dini sangat penting karena 40% masalah ketidaksuburan disebabkan dari pihak pria. Pastikan sperma Anda dalam kualitas prima, karena sperma yang berkualitas akan memiliki kemampuan yang lebih dalam membuahi sel telur. Kriteria sperma yang baik ialah sperma dengan jumlah yang cukup, yaitu minimal 39 juta per ejakulasi atau minimal 15 juta per mililiter, sehat dan kuat dengan motilitas yang baik, memiliki bentuk atau morfologi yang baik serta normal.

3.Pastikan ovulasi
Terdapat banyak gejala ovulasi yang menandai bahwa seorang wanita sedang berovulasi atau akan berovulasi. Ovulasi akan meningkat di hari ke 14 setelah menstruasi atau beberapa hari setelah menstruasi.Dengan mengenali gejala-gejala ovulasi tersebut maka Anda dapat memperkirakan kapan Anda akan berovulasi. Sehingga Anda bisa menentukan kapan waktu berhubungan yang tepat agar kemungkinan untuk hamil menjadi lebih besar.

4.Konsumsi makanan dan vitamin yang bergizi
Makanan dan vitamin yang bergizi yang dikonsumsi berperan untuk menjaga stamina tubuh Anda, dan pastinya akan menyehatkan tubuh. Dengan tubuh yang sehat dan memiliki stamina yang kuat, maka pasangan suami istri bisa cepat memperoleh momongan. Vitamin tidak harus berbentuk obat tetapi dapat juga dari sumber alami seperti buah-buahan.

Vitamin C dapat meningkatkan kualitas sperma, mengkonsumsi vitamin E dan D juga dapat menambah tingkat kesuburan pria dan wanita. Selain vitamin, asam folat juga memiliki peran dalam pembentukan tabung otak sang janin. Wanita yang mengkonsumsi asam folat maka memiliki kesempatan hamil lebih tinggi dibanding wanita yang tidak mengkonsumsi asam folat.

5. Hindari rokok. Jika biasa merokok, sebaiknya suami, apalagi istri, berhenti merokok. Hindari pula tempat-tempat yang banyak terpapar asap rokok atau menjadi perokok pasif.

6. Olahraga teratur. Dengan berolahraga, bukan hanya aktivitas seksual Anda (terutama suami) akan membaik, melainkan juga kesehatan akan meningkat, sehingga bagus sekali untuk mempersiapkan tempat bagi si jabang bayi di rahim sang istri.

7. Berbahagialah. Jauhi stres, lebih sering tersenyum, milikilah pikiran positif akan apapun yang Anda alami dan lihat. Yang tidak kalah penting adalah istirahat yang cukup untuk program hamil ini.

8. Berdoa. Bagaimanapun kerasnya usaha Anda untuk hamil, akan lebih sempurna bila melibatkan Sang Maha Pencipta. Semoga Dia berkenan memberikan Anda berdua keturunan, as soon as possible.